MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY PADA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 040446 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2019/2020

RITONGA, WINDA INDRIANI BR, 1605030137 (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY PADA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 040446 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (572kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (37kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (89kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (195kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (245kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (30kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah unutk menggunakan desain PTK dengan tindakan pembelajaran Metode Disscovery. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVA SD Negeri 040446 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2019/2020, berjumlah 33 siswa yang terdiri dari 13 orang siswa laki-laki dan 20 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Untuk mengetahui data alat pengumpulan data yang digunakan berupa tes dalam bentuk essay pada pokok bahasan jenis-jenis gaya. Berdasarkan analisis diperoleh hasil aktivitas guru meningkat18,1% dari 59,5% pada siklus I menjadi 77,6% pada siklus II, aktivitas siswa meningkat sebesar 16 dari nilai 68 pada siklus I menjadi nilai 84 pada siklus II, rata-rata hasil belajar siswa meningkat 21,2 dari nilai 54,5 pada siklus I menjadi 84.4 pada siklus II, dan ketuntasan hasil belajar siswa meningkat 30% dari dari 18 siswa (54,55%) pada siklus I menjadi 28 siswa (84,85%) pada siklus II. Berdasarkan hasil analisis penelitian setelah menggunakan metode Discovery diperoleh (1) pelaksanaan pembelajaran berkategori baik, (2) ketuntasan hasil belajar siswa tuntas secara klasikal, dan (3) hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan metode Discovery pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 040446 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, and Discovery Methods
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDra. Endalina Br Karo Sekali, M.Pd-NIP. 195812231987032001
Pembimbing IIYunistita, S.S., M.Si-NIDN. 0119069101
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 27 Jan 2021 08:30
Last Modified: 27 Jan 2021 08:30
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/960

Actions (login required)

View Item View Item