PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 040446 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2019/2020

BRAHMANA, EMMIYA MARGARETHA PEPAYOSA BR, 1605030186 (2020) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 040446 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (495kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (55kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (57kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (339kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (278kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (45kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 040446 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2019/2020 dan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajara IPA di kelas IV SD Negeri 040446 Kabanjahe. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IV SD Negeri 040446 Kabanjahe yang berjumlah 40 orang siswa. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah Lembar Observasi dan Tes. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Berdasarkan analisa penelitian siklus I diperoleh hasil deskripsi aktivitas guru mencapai 60,33 % dan hasil deskripsi aktivitas siswa mencapai 68,89 dengan ketuntasan hasil belajar individu sebanyak 28 siswa yang tuntas belajar dan 12 siswa tidak tuntas belajar dari 40 orang siswa, persentase ketuntasan hasil belajar klasikal mencapai 70 % yang tuntas dan 30 % yang tidak tuntas dengan nilai ratarata sebesar 69. Sedangkan pada siklus II diperoleh hasil deskripsi aktivitas guru mencapai 70,89 % dan hasil deskripsi aktivitas siswa mencapai 88,89 dengan ketuntasan hasil belajar individu sebanyak 35 siswa yang tuntas dan 5 siswa tidak tuntas dari 40 siswa, persentase ketuntasan hasil belajar klasikal mencapai 87,5 % yang tuntas dan 12,5 %tidak tuntas dengan nilai rata-rata sebesar 78,25. Dari penelitian siklus I dan siklus II diperoleh hasil deskripsi kegiatan observasi aktivitas siswa bekategori baik, ketuntasan hasil belajar siswa tuntas secara individu dan klasikal, perolehan nilai rata-rata siswa meningkat.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning, Learning Outcomes, Problem Based Learning
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Sejahtra, M.Pd-NIP. 196609171993031002
Pembimbing IIVera Dewi Kartini Ompusunggu, M.Pd-NIDN. 0121048704
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 28 Jan 2021 03:24
Last Modified: 28 Jan 2021 03:25
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/961

Actions (login required)

View Item View Item