MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 040544 DOLAT RAYAT TAHUN 2019/2020

NOVRIYANTI, 1605030135 (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 040544 DOLAT RAYAT TAHUN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Tujuann dari penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan belajar siswa dan hasil belajar siswa dengan metode demonstrasi pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1 dikelas IV SD Negeri 040544 Dolat Rayat Tahun Pelajaran 2019/2020. Lokasi penelitian adalah SD Negeri 040544 Dolat Rayat. Hal ini di dasari atas pertimbangan bahwa siswa masih banyak mengalami kesulitan dalam belajar khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 040544 Dolat Rayat yang berjumlah 20 orang dan sebagai objek penelitian adalah penggunaan metode demonstrasi. Pelaksanaan penelitian siklus I di peroleh data yaitu: Hasil observasi aktivitas guru 60,2% kriteria cukup, hasil observasi aktivitas siswa 68 kategori cukup, jumlah siswa yang tuntas secara individu berjumlah 15 siswa dan tidak tuntas 5 siswa, sedangkan siswa tuntas secara klasikal adalah 75% dan yang tidak tuntas adalah 25%, dan nilai rata-ratanya 60. Sedangkan pada siklus II hasil observasi aktivitas guru 75,2% kategori baik, hasil observasi aktivitas siswa 88 kategori baik, jumlah siswa yang tuntas 17 siswa dan tidak tuntas 3 siswa, siswa yang tuntas secara klasikal adalah 85% dan tidak tuntas 15%, dan nilai rata-rata siklus II adalah 73.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning, Learning Outcomes, Demonstration Method
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDra. Elisa, M.Pd-NIP. 196106011988012001
Pembimbing IIJanwar Frihasan Sinuraya, S.Pd., M.Pd-NIDN. 0106019101
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 28 Jan 2021 08:52
Last Modified: 28 Jan 2021 08:52
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/963

Actions (login required)

View Item View Item