MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 040544 DOLAT RAYAT TAHUN PELAJARAN 2019/2020

SWASTIKA, TRI RIZKI, 1605030199 (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 040544 DOLAT RAYAT TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan hasil belajar, dan peningkatan hasil belajar siswa dengan materi Suhu Dan Kalor Pada Tema 6 Subtema 1 Pelajaran 1 Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Take and Give di kelas V SD Negeri 040544 Dolat Rayat Tahun Pelajaran 2019/2020. Lokasi penelitian ini adalah SD Negeri 040544 Dolat Rayat yang berjumlah 38 orang siswa dan yang menjadi objek penelitian ini adalah menggunakan model pembelajaran Take and Give. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Hasil pelaksanaan penelitian pembelajaran berdasarkan tes siklus I pada aktivitas guru berkategori cukup dengan nilai 59% dan aktivitas siswa berkategori cukup denan nilai 64%. Ketuntasan individu mencapai 25 orang siswa yang tuntas dan 13 orang siswa yang tidak tuntas. Ketuntasan secara klasikal 65.79 % yang tuntas dan 34.21% yang tidak tuntas dengan nilai rata-rata 68,55. Hasil pelaksanaan pembelajaran siklus II dengan perbaikan diperoleh pelaksanaan pembelajaraan pada aktivitas guru yaitu dengan persentase 79% dan hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa yaitu 80% dari ketuntasan individu yang tuntas belajarnya yaitu 35 orang siswa dan siswa yang tidak tuntas dalam belajar yaitu 4 orang siswa, sedangkan ketuntasan klasikal hasil perbaikan pada siklus II yaitu 89,47% yang tuntas dan 10,52% yang tidak tuntas dan nilai rata-rata siswa 85,16%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penelitian dengan dua siklus maka dapat disimpulkan bahwa, pelaksanaan pembelajaran berkriteria baik, hasil belajar siswa tuntas secara klasikal dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Take and Give di Kelas V SD Negeri 040544 Dolat Rayat Tahun Pelajaran 2019/2020, meningkat sebesar 29,44%.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning, Learning Outcomes, Larning Models Take and Give
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDra. Endalina Br Karo Sekali, M.Pd-NIP. 195812231987032001
Pembimbing IIYunistita, S.Si., M.Si-NID. 0119069101
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 28 Jan 2021 09:22
Last Modified: 28 Jan 2021 09:22
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/964

Actions (login required)

View Item View Item