MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS IV SD NEGERI 046575 KUTA BULUH GUGUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

GINTING, PRENIDA NORA BR, 1605030102 (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS IV SD NEGERI 046575 KUTA BULUH GUGUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan hasil belajar dan peningkatan hasil belajar siswa pada materi Sistem Pemerintahan Kecamatan melalui model pembelajaran Talking Stick Pada Mata Pelajaran PKN Di Kelas IV SD Negeri 046575 Kuta Buluh Gugung Tahun Pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 046575 Kuta Buluh Gugung yang berjumlah 25 orang dan objek penelitian ini adalah model pembelajaran Talking Stick pada materi Sistem Pemerintahan Kecamatan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa dan test, penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yakni siklus I dan siklus II. Hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran PKN materi Sistem Pemerintahan Kecamatan pada siswa kelas IV SD Negeri 046575 Kuta Buluh Gugung Tahun Pelajaran 2019/2020. Berdasarkan temuan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan belajar siswa secara individu maupun klasikal dan hasil belajar PKN pada model pembelajaran Talking Stick di kelas IV SD Negeri 046575 Kuta Buluh Gugung Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Talking Stick Learning Model, PKN Learning Outcomes, Subdistrict Government System Material.
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IProf. Dr. Erna Frida, M.Si-NIP. 196401231991022001
Pembimbing IIDrs. Wajib Pandia, M.Si-NIP. 196212311991021001
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 28 Jan 2021 09:42
Last Modified: 28 Jan 2021 09:42
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/965

Actions (login required)

View Item View Item