MAHA, DEVI NATALIA BR, 1605030318 (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN ENERGI PANAS DI KELAS V SD NEGERI 046575 KUTA BULUH GUGUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (7MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (7MB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (7MB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (7MB) |
|
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (7MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (7MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan belajar, serta peningkatan hasil belajar siswa melalui metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi panas di kelas V SD Negeri 046575 Kuta Buluh Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 046575 Kuta Buluh Gugung. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 046575 Kuta Buluh yang berjumlah 28 orang. Objek dalam penelitian ini adalah pengunaan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi panas di kelas V SD Negeri 046575 Kuta Buluh Tahun Pelajaran 2019/2020. Pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan tes pilihan berganda sebanyak 5 soal. Teknik analisis data yang diguanakan adalah rumus pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru dan siswa, dan hasil belajar yang terdiri dari ketuntasan belajar individu, ketuntasan klasikal, dan rata – rata hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, siklus I aktivitas observasi guru dan siswa berkreteria cukup karena deskripsi kegiatan guru mencapai 60% sedangkan deskripsi kegiatan observasi siswa mencapai 68, serta yang tuntas secara individu 20 orang secara klasikal 71%, dan rata – rata 68,57. Sedangkan hasil akhir dari penelitian siklus II aktivitas observasi guru dan siswa berkreteria baik karena deskripsi kegiatan guru mencapai 79,9% sedangkan deskripsi kegiatan observasi siswa mencapai 88, serta yang tuntas secara individu 24 orang secara klasikal 86%, dan rata – rata 87,85. Berdasarkan hasil analisis data diatas dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa dalam pokok bahasan energi panas di kelas V SD Negeri 046575 Kuta Buluh Tahun Pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | learning, learning outcomes, demonstration method. | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Friska Elsa Carolina | ||||||||||||
Date Deposited: | 01 Feb 2021 09:25 | ||||||||||||
Last Modified: | 01 Feb 2021 09:25 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/967 |
Actions (login required)
View Item |