MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN ENERGI PANAS DI KELAS V SD NEGERI 046575 KUTA BULUH GUGUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

MAHA, DEVI NATALIA BR, 1605030318 (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN ENERGI PANAS DI KELAS V SD NEGERI 046575 KUTA BULUH GUGUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan belajar, serta peningkatan hasil belajar siswa melalui metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi panas di kelas V SD Negeri 046575 Kuta Buluh Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 046575 Kuta Buluh Gugung. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 046575 Kuta Buluh yang berjumlah 28 orang. Objek dalam penelitian ini adalah pengunaan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi panas di kelas V SD Negeri 046575 Kuta Buluh Tahun Pelajaran 2019/2020. Pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan tes pilihan berganda sebanyak 5 soal. Teknik analisis data yang diguanakan adalah rumus pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru dan siswa, dan hasil belajar yang terdiri dari ketuntasan belajar individu, ketuntasan klasikal, dan rata – rata hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, siklus I aktivitas observasi guru dan siswa berkreteria cukup karena deskripsi kegiatan guru mencapai 60% sedangkan deskripsi kegiatan observasi siswa mencapai 68, serta yang tuntas secara individu 20 orang secara klasikal 71%, dan rata – rata 68,57. Sedangkan hasil akhir dari penelitian siklus II aktivitas observasi guru dan siswa berkreteria baik karena deskripsi kegiatan guru mencapai 79,9% sedangkan deskripsi kegiatan observasi siswa mencapai 88, serta yang tuntas secara individu 24 orang secara klasikal 86%, dan rata – rata 87,85. Berdasarkan hasil analisis data diatas dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa dalam pokok bahasan energi panas di kelas V SD Negeri 046575 Kuta Buluh Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: learning, learning outcomes, demonstration method.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDra. Pelista Br Karo Sekali, M.Pd-NIP. 196709021993022002
Pembimbing IIBijak Ginting, S.Sn., M.Hum-NIDN. 0108046804
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 01 Feb 2021 09:25
Last Modified: 01 Feb 2021 09:25
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/967

Actions (login required)

View Item View Item