MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN ALAT INDRA MANUSIA DAN FUNGSINYA DI KELAS IV SD NEGERI 046575 KUTA BULUH GUGUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

TARIGAN, JULIANI MENDA SARI BR, 1605030116 (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN ALAT INDRA MANUSIA DAN FUNGSINYA DI KELAS IV SD NEGERI 046575 KUTA BULUH GUGUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan hasil belajar, serta peningkatan hasil belajar siswa melalui metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi panas di kelas IV SD Negeri 046575 Kuta Buluh Tahun Pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 046575 Kuta Buluh Gugung yang berjumlah 28 orang dan penggunaan model pembelajaran Mind Mapping pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Alat Indra Manusia dan Fungsinya. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan tes. Berdasarkan hasil perbaikan pelaksanaan pembelajaran pada siklus II, diperoleh pelaksanaan aktivitas guru 77,8% yang berkriteria baik dan hasil pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa 86 yang berkriteria baik. Dimana hasil ketuntasan belajar yang diperoleh siswa dari 28 siswa yang tuntas belajar adalah 25 (89%) siswa dan dari 28 siswa yang tidak tuntas belajar 3 (11%) siswa, sehingga hasil belajar tuntas secara klasikal. Dengan demikian, pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Mind Mapping pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Alat Indra Manusia dan Fungsinya di Kelas IV SD Negeri 046575 Kuta Buluh Gugung Tahun Pelajaran 2019/2020 dapat meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Application of Mind Mapping Learning Model
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDra. Pelista Br Karo Sekali, M.Pd-NIP. 196709021993022002
Pembimbing IIDra. Datten, M.Pd-NIP. 196611291992032001
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 02 Feb 2021 07:02
Last Modified: 02 Feb 2021 07:02
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/968

Actions (login required)

View Item View Item