ANALISIS KESULITAN SISWA MENENTUKAN TANDA HUBUNG (-) DAN TANDA PISAH (—) DI KELAS IV SD NEGERI 068008 MEDAN TUNTUNGAN TAHUN AJARAN 2019/2020

SUNDARI, FATIA, 1605030067 (2020) ANALISIS KESULITAN SISWA MENENTUKAN TANDA HUBUNG (-) DAN TANDA PISAH (—) DI KELAS IV SD NEGERI 068008 MEDAN TUNTUNGAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman, kemampuan, kesalahan tanda mana yang paling sulit digunakan siswa antara pemakaian tanda hubung (-) atau tanda pisah (—) dan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan yang dialami siswa kelas IV SD Negeri 068008 Medan Tuntugan Tahun Ajaran 2019/2020 dalam menentukan tanda hubung (-) dan tanda pisah (—). Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif expost facto. Populasi berjumlah 61 siswa dan sekaligus sebagai sampel penelitian. Berdasarkan hasil tes pemahaman siswa pada penelitian diperoleh nilai pemahaman siswa antara pemakaian tanda hubung (-) atau tanda pisah (—) kelas IV SD Negeri 068008 Medan Tuntungan Tahun Ajaran 2019/2020 dengan nilai rata-rata 32,37 masuk dalam kriteria kurang paham. Berdasarkan hasil tes kemampuan siswa pada penelitian juga diperoleh nilai kemampuan siswa antara pemakaian tanda hubung (-) atau tanda pisah (—) kelas IV SD Negeri 068008 Medan Tuntungan Tahun Ajaran 2019/2020 dengan nilai rata-rata 34,36 masuk dalam kriteria kurang mampu dengan kesulitan dalam menentukan Tanda Hubung (-) dan Tanda Pisah (—) pada tes pemahaman dengan persentase kesulitan 47,54% dan kesulitan dalam menentukan Tanda Hubung (-) dengan presentase 32,79% dan Tanda Pisah (—) dengan presentase 14,75% pada tes kemampuan Faktor-faktor penyebab kesulitan siswa antara pemakaian Tanda Hubung (-) atau Tanda Pisah (—) kelas IV SD Negeri 068008 Medan Tahun Ajaran 2019/2020 adalah faktor pembelajaran yang dilakukan guru tidak maksimal sehingga membuat siswa merasa tidak tertarik dan bosan dalam pelajaran materi menentukan Tanda Hubung (-) dan Tanda Pisah (—), guru kurang maksimal dalam memperhatikan pemakaian tanda hubung (-) dan tanda pisah (—) dalam tulisan siswa.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hyphen (-), Dash (—)
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 371.8 Students
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Pandapotan Tambunan, M.Pd-NIP. 196602101992031001
Pembimbing IIDrs. Heryanto, M.Pd-NIP. 196412101992031002
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 02 Feb 2021 07:28
Last Modified: 02 Feb 2021 07:28
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/970

Actions (login required)

View Item View Item