MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL GAMBAR PADA TEMA 5 CUACA SUB TEMA 1 KEADAAN CUACA KELAS III SD NEGERI 045965 PECEREN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

SIAHAAN, ANGGREYNI WIJAYA BR, 1605030114 (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL GAMBAR PADA TEMA 5 CUACA SUB TEMA 1 KEADAAN CUACA KELAS III SD NEGERI 045965 PECEREN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media Visual Gambar pada pembahasan IPA Tema 5 Cuaca Sub Tema 1 Keadaan Cuaca Kelas III SD Negeri 045965 Peceren Tahun Pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas III SD Negeri 045965 Peceren Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah sebanyak 28 siswa terdiri dari 16 laki-laki dan 12 perempuan. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berlangsung 2 siklus. Setiap siklus memiliki 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dan observasi. Hasil penelitian pada siklus I untuk observasi aktivitas guru memperoleh nilai 60% termasuk kedalam kriteria penilaian cukup (41-60%) dan observasi aktivitas siswa 66 termasuk kedalam kriteria penilaian cukup (50-69). Ketuntasan hasil belajar siswa secara individu pada siklus I terdapat siswa yang tuntas belajar sebanyak 20 siswa dan siswa yang tidak tuntas belajar sebanyak 8 orang dari 28 siswa. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal siklus I yaitu 71,43% siswa yang tuntas dan 28,57% siswa yang tidak tuntas. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 76,43. Pelaksanaan pembelajaran pada siklus I masih berkategori cukup dan hasil belajar belum tuntas secara klasikal. Maka dilaksanakan perbaikan ke siklus II. Hasil penelitian pada siklus II untuk observasi aktivitas guru memperoleh nilai 72% termasuk kedalam kriteria penilaian baik (61-80%) dan observasi aktivitas siswa 88 termasuk kedalam kriteria penilaian baik (70-89). Ketuntasan hasil belajar siswa secara individu pada siklus I terdapat siswa yang tuntas belajar sebanyak 26 siswa dan siswa yang tidak tuntas belajar sebanyak 3 orang dari 28 siswa. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal siklus II sebanyak 89,29% siswa yang tuntas dan 10,71% siswa yang tidak tuntas. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II yaitu 80, hasil belajar siswa sudah meningkat dan tuntas secara klasikal, oleh karena itu tidak perlu melakukan tindakan pada siklus selanjutnya. Penelitian dengan menggunakan Media Visual Gambar pada Tema 5 Cuaca Sub Tema 1 Keadaan Cuaca Kelas III SD Negeri 045965 Peceren Tahun Pelajaran 2019/2020 meningkat.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Image Visual Media
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDra. Elisa, M.Pd-NIP. 196106011988012001
Pembimbing IIRestio Sidebang, M.Pd-NIDN. 0129038101
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 08 Feb 2021 02:40
Last Modified: 08 Feb 2021 07:34
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/975

Actions (login required)

View Item View Item