MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INQUIRY DALAM PELAJARAN IPA DI KELAS IV PERUBAHAN BENDA SD NEGERI 040455 BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

SINULINGGA, FREDERIKA MELISA BR, 1605030248 (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INQUIRY DALAM PELAJARAN IPA DI KELAS IV PERUBAHAN BENDA SD NEGERI 040455 BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry dan peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Inquiry. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 040455 Berastagi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas empat yang berjumlah 25 orang. Objek dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Inquiry pada mata pelajaran IPA pokok bahasan perubahan benda. Tes yang digunakan adalah pilihan esay yang berjumlah 4 soal dan lembar observasi. Berdasarkan analisis hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran diperoleh hasil observasi aktivitas guru dan siswa sudah berkategorikan baik. Hasil belajar siswa sudah tuntas baik secara individu maupun secara klasikal. Pada siklus I terdapat 20 siswa yang tuntas belajarnya sedangkan pada siklus II terdapat 22 siswa yang tuntas belajarnya dan rata-rata hasil belajar siswa meningkat. Dengan demikian pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Inquiry pada pokok bahasan perubahan benda di kelas empat dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Inquiry Model
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDra. Jainab, M.Pd-NIDN. 132252325
Pembimbing IIJuwita Tindaon, M.Pd-NIDN. 0107108802
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 08 Feb 2021 07:32
Last Modified: 08 Feb 2021 07:33
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/976

Actions (login required)

View Item View Item