MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE LATIHAN (DRILL) DI KELAS III SD 046575 KUTA BULUH GUGUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

GINTING, RENALDI ABDI PEBERANTA, 1605030127 (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE LATIHAN (DRILL) DI KELAS III SD 046575 KUTA BULUH GUGUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Metode Latihan (Drill), mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa dengan menggunakan Metode Latihan (Drill) pada mata pelajaran Matematika materi Pecahan Sederhana di kelas III SD Negeri 046575 Kuta Buluh Gugung Tahun Pelajaran 2019/2020. Lokasi penelitian adalah SD Negeri 046575 Kuta Buluh Gugung Tahun Pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 046575 Kuta Buluh Gugung Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 20 orang. Objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi Pecahan Sederhana. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Hasil penelitian pada Siklus I untuk observasi aktivitas guru diperoleh sebesar 58% kriteria cukup, dan hasil Siklus II diperoleh sebesar 79% kriteria baik. Hasil observasi aktivitas siswa pada Siklus I diperoleh nilai 66 kriteria cukup dan pada Siklus II memperoleh nilai sebesar 82 kriteria baik. Ketuntasan hasil belajar siswa pada Siklus I secara individu yaitu 14 orang dan yang belum tuntas sebanyak 6 orang sedangkan pada Siklus II yaitu 18 orang dan yang belum tuntas sebanyak 2 orang siswa. Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada Siklus I yaitu 70% dan Siklus II yaitu 90% nilai rata-rata pada Siklus I yaitu 71 dan nilai rata-rata pada Siklus II yaitu 82. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran setelah menggunakan Metode Latihan (Drill) pada mata pelajaran Matematika materi Pecahan Sederhana di kelas III SD Negeri 046575 Kuta Buluh Gugung Tahun Pelajaran 2019/2020 meningkat 15,49%.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Implementation of Learning Methods Training Metods (Driil)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDra. Elisa, M.Pd-NIP. 196106011988012001
Pembimbing IIRestio Sidebang, M.Pd-NIDN. 0129038101
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 08 Feb 2021 07:47
Last Modified: 08 Feb 2021 07:47
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/977

Actions (login required)

View Item View Item