PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN IPA SUBTEMA 7 POKOK BAHASAN DAUR AIR DI KELAS V SD NEGERI 040483 PAYUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

SEMBIRING, GAMALIEL, 1605030092 (2020) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN IPA SUBTEMA 7 POKOK BAHASAN DAUR AIR DI KELAS V SD NEGERI 040483 PAYUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan belajar, serta peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran picture and picture pada mata pelajaran IPA pokok bahasan daur air di kelas V SD Negeri 040483 Payung Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 040483 Payung. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 040483 Payung yang berjumlah 24 orang. Objek dalam penelitian ini adalah pengunaan model pembelajaran picture and picture pada mata pelajaran IPA pokok bahasan daur air di kelas V SD Negeri 040483 Payung Tahun Pelajaran 2019/2020. Pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan tes pilihan berganda sebanyak 5 soal. Teknik analisis data yang diguanakan adalah rumus pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru dan siswa, dan hasil belajar yang terdiri dari ketuntasan belajar individu, ketuntasan klasikal, dan rata – rata hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Hasil akhir dari penelitian diproleh deskripsi kegiatan observasi guru dan siswa berkreteria baik karena deskripsi kegiatan guru mencapai 81% sedangkan deskripsi kegiatan observasi siswa mencapai 86, serta yang tuntas secara individu 20 orang secara klasikal 83%, dan rata – rata 84. Dengan demikian hasil analisis data diatas dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa dalam pokok daur air di kelas V SD Negeri 040483 Payung Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning, Learning Outcomes, Picture and Picture Models.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDra. Pelista Br Karo Sekali, M.Pd-NIP. 196709021993022002
Pembimbing IIBijak Ginting, S.Sn., M.Hum-NIDN. 0108046804
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 08 Feb 2021 08:19
Last Modified: 08 Feb 2021 08:19
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/979

Actions (login required)

View Item View Item