PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 101796 PATUMBAK T.A 2019/2020

BARUS, YENNY SELLY SELVIA, 1605030169 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 101796 PATUMBAK T.A 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan alat peraga terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SD Negeri 101796 Patumbak T.A 2019/2020. Adapun masalah dari sekolah tersebut yaitu rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika materi bangun datar segi banyak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 101796 patumbak yang berjumlah 54 orang siswa yang terbagi dua kelas. Kelas eksperimen yang berjumlah 27 orang dan kelas kontol berjumlah 27 orang. Dan menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anggota populasi atau sampel total. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan alat peraga untuk kelas eksperimen sedangkan untuk kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Alat pengumpul data yaitu test berupa essay yang berjumlah 5 soal yang terdiri ranah kognitif C1 dan C2. Dari analisi data dan pengujian hipotesis diperoleh hasil belajar siswa menggunakan model pembelajarann Contextual Teaching and Learning dengan alat peraga diperoleh nilai rata-rata 81,11. Sedangkan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata 71,30. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pada pelaksanaan pembelajaran matematika bangun datar segi banyak di kelas IV SD Negeri 101796 Patumbak T.A 2019/2020.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: CTL, Props, Math learning results
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing ISiti Zahara H. Harahap, M.Pd-NIDN. 0114070882
Pembimbing IIFrikson Jony Purba, S.Si., M.Pd-NID. 0104048701
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 09 Feb 2021 07:33
Last Modified: 09 Feb 2021 07:33
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/989

Actions (login required)

View Item View Item