ANALISIS KESULITAN SISWA MENGERJAKAN SOAL CERITA OPERASI PECAHAN BERPENYEBUT TIDAK SAMA DI KELAS V SD NEGERI 101799 DELI TUA TAHUN AJARAN 2019/2020

GINTING, SRI AGUSTINA BR, 1605030204 (2020) ANALISIS KESULITAN SISWA MENGERJAKAN SOAL CERITA OPERASI PECAHAN BERPENYEBUT TIDAK SAMA DI KELAS V SD NEGERI 101799 DELI TUA TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab hasil belajar siswa yang kurang maksimal. Jenis penelitian ini adaalah Analisis Deskriptif Kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa Tes, Angket, dan Wawancara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa mengerjakan soal cerita operasi hitung di kelas V SD Negeri 101799 Delitua Tahun Ajaran 2019/2020 dan untuk mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal cerita operasi hitung di kelas V SD Negeri 101799 Delitua Tahun Ajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil tes yang dilakukan diperoleh rata-rata 41.5 berada pada interval nilai X<70 termaksuk kriteria rendah untuk penilain rendah untuk hasil tes siswa. Berdasarkan angket yang peneliti berikan kepada siswa diperoleh Kesulitan yang dialami siswa dalam materi penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama yaitu menyamakan penyebut, perkalian pada penjumlahan pecahan dan menyelesaikan soal penjumlahan pecahan. Sedangkan berdasarkan wawancara yang dilakukan peneliti kepada siswa diketahui faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal cerita operasi hitung yaitu minat siswa terhadap pembelajaran pecahan, motivasi siswa dalam pembelajaran pecahan, pemahaman belajar pecahan, kecakapan dalam menyelesaikan pecahan, dukungan orangtua dan fasilitas yang ada.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Difficulties, Problem Questions, Saying Fractions Are Not the Same.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics > 519 Applied mathematics
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IUlfah Sari Rejeki, M.Pd-NIDN. 01061290001
Pembimbing IIRupina M.Br. Tarigan, M.Pd-NIDN. 0111108901
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 13 Feb 2021 03:02
Last Modified: 13 Feb 2021 03:02
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/993

Actions (login required)

View Item View Item