PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V SD NEGERI 060938 MEDAN T.A 2019/2020

SEMBIRING, OKTAVIANTA, 1605030178 (2020) PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V SD NEGERI 060938 MEDAN T.A 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan daari penelitian ini adalah untuk mengetahui kebiasaan belajar, hasil belajar siswa dan apakah kebiasaan belajar mempengaruhi hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 060938 Medan TA 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara mengisi angket dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri 060938 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VB SD Negeri 060938 Medan dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VB yang berjumlah 20 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket kebiasaan belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas data, uji homogenitas varians, uji hipotesis, uji linearitas, koefisien korelasi, uji t. Data dianalisis dengan uji t dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data untuk kebiasaan belajar diperoleh dari nilai angket dengan rata-rata sebesar 79 yaitu berkategori baik dan data untuk hasil belajar diperoleh dari ujian akhir sekolah siswa dengan rata-rata sebesar 81,30 berkategori tinggi. Adanya pengaruh yang signifikan antara kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 060938 Medan memiliki koefisien korelasi r = 0,94 termasuk dalam tingkatan sangat kuat.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Study Habits, Learning Outcomes.
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Srie Faizah Lisnasari, M.Si-NIP. 196702251998012001
Pembimbing IIGemala Widiyarti, M.Pd-NIDN. 0123098602
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 15 Feb 2021 02:23
Last Modified: 15 Feb 2021 02:23
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/997

Actions (login required)

View Item View Item