PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BUKU BACAAN BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 064023 KEMENANGAN TANI MEDAN T.A 2019/2020

SEBAYANG, PEBERIANI BR, 1605030209 (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BUKU BACAAN BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 064023 KEMENANGAN TANI MEDAN T.A 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan pre tes untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa. Pre tes dilakukan pada tanggal 13 Maret 2020, setelah dilakukan pre tes, maka data yang diperoleh dilakukan analisis data, yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Berdasarkan analisis tersebut di ketahui bahwa siswa kelas V SD Negeri 064023 Kemenangan memiliki kemampuan yang sama. Setelah diketahui kemampuan siswa sama, maka peneliti melakukan penelitian pada tanggal 16 Maret 2020. Untuk kelas VA yang diajarkan menggunakan media buku bacaan bergambar sedangkan kelas VB yang diajarkan tidak menggunakan media buku bacaan. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran buku bacaan bergambar pada Mata Pelajaran PPKn Materi Keragaman Sosial dan Budaya di Kelas VA SD Negeri 064023 VA SD Negeri 064023 Kemenangan Tani TA 2019/2020 adalah 76,17. Sedangkan nilai hasil belajar siswa PPKn siswa yang diajar dengan tidak menggunakan media pembelajaran buku bacaan bergambar pada materi keragaman sosial dan budaya di kelas V SD Negeri 064023 Kemenangan Tani Medan diperoleh nilai rata-rata adalah 68,04. Berdasarkan nilai uji perbedaan dua rata-rata diperoleh maka terima H1 hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn materi keragaman sosial dan budaya menggunakan media pembelajaran buku bacaan bergambar lebih baik dari pada hasil belajar PPKn materi keragaman sosial dan budaya tidak menggunakan media pembelajaran buku bacaan bergambar di kelas V SD Negeri 064023 Kemenangan Tani Medan. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan penggunaan Media buku bacaan bergambar terhadap hasil belajar siswa di SD Negeri 064023 Kemenangan Tani Medan T.A 2019/2020.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Reading Books, Learning Outcomes PPKn
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.4 Reading
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IJainal B.Togatorop, S.Pd., M.Pd-NIDN. 0124028702
Pembimbing IISiti Zahara H.Harahap, M.Pd-NIDN. 0114078802
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 15 Feb 2021 02:36
Last Modified: 15 Feb 2021 02:36
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/998

Actions (login required)

View Item View Item