SEMBIRING, RADITA VEBRINA ANASTASIA, 1605030026 (2020) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG PENGURANGAN BERSUSUN KE BAWAH DI KELAS III SDN 106818 LUBANG IDO TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (580kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (262kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (386kB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (434kB) |
|
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (601kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (262kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan dan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung pengurangan bersusun ke bawah pada kelas III SDN 106818 Lubang Ido. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, metode ini melibatkan peneliti secara langsung untuk mengamati objek yang diteliti, kemudian data yang sudah terkumpul dari hasil penelitian dideskripsikan dalam kata-kata. Populasi berjumlah 24 siswa dan juga sebagai sampel peneliti. Alat pengumpulan data yang digunakan tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh nilai kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung pengurangan bersusun ke bawah di SDN 106818 Lubang Ido Tahun Ajaran 2019/2020 dengan nilai rata-rata 55 masuk dalam kriteria sangat kurang. Kesulitan dalam menyelesaikan soal operasi hitung pengurangan bersusun ke bawah di kelas III SDN 106818 Lubang Ido Tahun Ajaran 2019/2020 ialah 83% masuk dalam kriteria sangat tinggi. Dari hasil wawancara siswa faktor penyebab kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung pengurangan bersusun ke bawah di kelas III SDN 106818 Lubang Ido Tahun Ajaran 2019/2020 adalah kesulitan siswa dalam menghitung angka yang lebih besar di bawah dari pada di atas.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Diffculty Factors in Mathematics | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Friska Elsa Carolina | ||||||||||||
Date Deposited: | 19 Feb 2021 08:36 | ||||||||||||
Last Modified: | 19 Feb 2021 08:36 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1032 |
Actions (login required)
View Item |