ANALISIS KESULITAN SISWA MENENTUKAN MAKNA DENOTASI, KONOTASI,LUGAS DAN KIAS PADA MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 101825 DURIAN TUNGGAL KECAMATAN PANCUR BATU TAHUN AJARAN 2019/2020

YATI, SARI LILI, 1605030062 (2020) ANALISIS KESULITAN SISWA MENENTUKAN MAKNA DENOTASI, KONOTASI,LUGAS DAN KIAS PADA MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 101825 DURIAN TUNGGAL KECAMATAN PANCUR BATU TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menentukan makna denotasi dan makna konotasi, kemampuan siswa dalam menentukan makna lugas dan makna kias, kesulitan yang dialami siswa dalam menentukan makna denotasi, konotasi, lugas dan kias serta faktor penyebab ketidakmampuan siswa menentukan antara makna denotasi dan makna konotasi dengan makna lugas dan makna kias pada materi pembelajaran bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri 101825 Durian Tunggal Kecamatan Pancur Batu. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 101825 Durian Tunggal Kecamatan Pancur Batu Tahun Ajaran 2019/2020. Populasi sekaligus sebagai sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 22 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh: (1) Kemampuan siswa dalam menentukan makna denotasi dan makna konotasi sama yaitu dengan rata-rata 74,24 kriteria cukup mampu. (2) Kemampuan siswa dalam menentukan makna lugas dan makna kias berbeda yaitu menentukan makna lugas dengan rata-rata 63,64 kriteria tidak mampu, menentukan makna kias dengan rata-rata 65,15 kriteria tidak mampu. (3) Kesulitan yang dialami siswa dalam menentukan makna denotasi, konotasi, lugas dan kias yaitu kesulitan dalam menentukan makna lugas dan makna kias sebanyak 15 siswa dengan persentase (68,18%) kriteria tinggi. (4) Faktor penyebab ketidakmampuan siswa menentukan antara makna denotasi dan makna konotasi dengan makna lugas dan makna kias pada materi pembelajaran bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri 101825 Durian Tunggal Kecamatan Pancur Batu yaitu dikarenakan pembelajaran yang dilakukan guru kurang maksimal, guru hanya sekedar menjelaskan materi dan hanya menyuruh siswa membaca buku paket sehingga membuat siswa merasa tidak tertarik dalam materi menentukan makna denotasi, konotasi, lugas dan kias.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ability, Difficulty in Determining the Meaning of Denotation, Connotation, Straightforward and Classical, Causative Factors
Subjects: 400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Pandapotan Tambunan, M.Pd-NIP. 196602101992031001
Pembimbing IIRupina M.Br. Tarigan, S.Pd., M.Pd-NIDN. 0111108901
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 26 Feb 2021 04:35
Last Modified: 26 Feb 2021 04:35
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1080

Actions (login required)

View Item View Item