ALVIONITA, VINNY, 1705030080 (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI MENYELESAIKAN MASALAH BERKAITAN DENGAN PECAHAN CAMPURAN SISWA KELAS IV SD NEGERI NO 101819 PANCUR BATU TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER PDF.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (921kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (4MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kemampuan, apa saja kesulitan siswa dan faktor penyebab kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pecahan campuran. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SD Negeri No 101819 Pancur Batu Tahun Ajaran 2020/2021. Populasi penelitian seluruh siswa kelas IV SD yang berjumlah 24 orang dan sekaligus menjadi sampel penelitian. Jenis penelitian yang digunakan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Dari hasil analisis data dideskripsikan (1)gambaran kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal pecahan campuran berkriteria rendah dengan rata-rata 55,67, (2)kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pecahan campuran adalah proses penyelesaian jawaban, tidak dapat membedakan pada soal cerita apakah penjumlahan, pengurangan, perkalian atau pembagian, menyederhanakan hasil akhir, cara mengubah pembagian ke perkalian pada soal pembagian pecahan campuran, (3)faktor penyebab siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal pecahan campuran yaitu siswa tidak mengerti bagaimana cara mengerjakan soal pecahan campuran, serta peran orang tua yang kurang dalam memperhatikan dan mendidik siswa.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mathematics learning difficulties, solving problems related to mixed fraction. | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | VINNY ALVIONITA | ||||||||||||
Date Deposited: | 29 May 2021 03:37 | ||||||||||||
Last Modified: | 29 May 2021 03:38 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1202 |
Actions (login required)
View Item |