DAMANIK, ERVI HOTRIATY, 1705030049 (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA MATERI PERUBAHAN TANAH DAN ALAM PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 091390 PANRIBUAN TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER ervi(1).pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (4MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (4MB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (4MB) |
|
Text
BABB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (4MB) |
|
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (4MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (4MB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa pada pembelajaran IPA materi Jenis=Jenis Tanah ,kesulitan yang dialami siswa pada pemebelajaran IPA Materi jenis-jenis tanah dan faktor penyebab kesulitan belajar siswa materi jenis-jenis tanah .Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 091390 Panribuan Tahun Ajaran 2020/2021,Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 091390 Panribuan yang berjumlah 25 orang. Alat pengumpul data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes essay dan wawancara .tes digunakan untuk mengetahui kemampuan dan kesulitan yang dialamai siswa dalam pelajaran IPA materi jenis-jenis tanah,sedangkan wawancara digunakan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan siswa.kemudian teknik analisis datanya yaitu rata-rata dan persentase. Berdasakan anilisis data disimpulkan bahwa (1) kemampuan belajar siswa materi jenis-jenis tanah kelas V SD Negeri 091390 Panribuan diperoleh rata- rata 54,4 dan termasuk kedalam kriteria kurang mampu.(2) berdasarkan soal tes yang diberikan kesulitan yang dialami siswa yaitu terdapat pada jenis –jenis tanah berdasarkan warnanya yaitu dengan persentase 100% dan termasuk kedalam kriteria kesulitansangat tinggi.Adapun kesulitan yang dialami siswa yaitu belum bisa menyebutkan jenis-jenis tanah berdasarkan warnanya. (3) faktor penyebab kesulitan siswa yaitu kurangnya minat siswa dalam belajar dan kurangnya peran orang tua dalam belajar anak.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analysis, learning difficulties, types of soil | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Ervi hotriaty damanik | ||||||||||||
Date Deposited: | 30 Jun 2021 09:12 | ||||||||||||
Last Modified: | 30 Jun 2021 09:12 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1299 |
Actions (login required)
View Item |