PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 043951 SURBAKTI TAHUN PELAJARAN 2020/2021

SEMBIRING, RIRIN REHMALEMNA BR, 1605030270 (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 043951 SURBAKTI TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Numbered Heads Together. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 043951 Surbakti, yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas IV berjumlah 25 orang, sedangkan objek penelitian adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together pada mata pelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri 043951 Surbakti Tahun Pelajaran 2020/2021 Alat pengumpulan data adalah lembar observasi dan soal pilihan berganda. Analisis data yang digunakan adalah rumus pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar individu, ketuntasan klasikal, dan rata-rata hasil belajar siswa. Dari hasil analisis data diperoleh hasil observasi pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru meningkat 21% dari nilai 60% menjadi 81%, aktivitas siswa meningkat 16% dari nilai 68% menjadi 84%, ketuntasan individu mencapai nilai KKM yaitu 70, dari 72% menjadi 92% yang tuntas, dan nilai rata-rata meningkat dari 62,4 menjadi 78,8. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkategori baik dan hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan model Numbered Heads Together pada mata pelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri 043951 Surbakti Tahun Pelajaran 2020/2021

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Numbered Heads Together Learning Model.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IKrista Surbakti, S.Pd., M.Sidosen@gmail.comNIDN. 0110078402
Pembimbing IIDrs. Wajib Pandia, M.Sidosen@gmail.comNIP. 196212311991021001
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: RIRIN REHMALEMNA BR SEMBIRING
Date Deposited: 09 Jul 2021 03:35
Last Modified: 09 Jul 2021 03:35
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1323

Actions (login required)

View Item View Item