TARIGAN, APULINA BR, 1605030331 (2021) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA TEMA 6 SUB TEMA 1 MATERI SUHU DAN KALOR DI KELAS V SD NEGERI 040507 MUNTE TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA. Masalah utama dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa Kelas V SD pada mata pelajaran IPA. Salah satu upaya guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan metode demonstrasiyang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Tema 6 Sub Tema 1 Materi Suhu dan Kalor di Kelas V SD Negeri 040507 Munte Tahun Pelajaran 2020/2021. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 040507 Munte Kabupaten Karo dengan subjek penelitian adalah siswa Kelas IV SD Negeri 040507 Munte yang berjumlah 23 orang siswa. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada semester genap Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan waktu yang sama 2x35 menit. Sebagai objek adalah menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA Tema 6 Sub Tema 1 Materi Suhu dan Kalor di Kelas V SD Negeri 040507 Munte Tahun Pelajaran 2020/2021. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah berupa lembar observasi dan tes. Hasil penelitian pada Siklus I diperoleh observasi aktivitas guru 59%,observasi aktivitas siswa 60, dan yang tuntas sesuai nilai KKM 16 orang dengan persentase 69%, sedangkan yang tidak tuntas 7 orang dengan persentase 39% dari 23 orang siswa. Nilai rata-rata siswa 68,69. Karena jumlah siswa secara klasikal belum tuntas, maka dilanjutkan pada siklus selanjutnya. Pada Siklus II hasil observasi aktivitas gum 80%, hasil observasi aktivitas siswa 80, dan yang tuntas sesuai nilai KKM 20 orang dengan persentase 87%, sedangkan yang tidak tuntas 3 orang dengan persentase 13% dari 23 orang siswa. Nilai rata-rata siswa 74,34. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi pada pembelajaran IPA Tema 6 Sub Tema 1 Materi Suhu dan Kalor di Kelas V SD Negeri 040507 Munte Tahun Pelajaran 2020/2021 telah berkategori baik dan hasil belajar meningkat.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Outcomes, Science, Demonstration Methods | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology 300 Sosial Science > 370 Education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | APULINA BR TARIGAN | ||||||||||||
Date Deposited: | 12 Jul 2021 09:33 | ||||||||||||
Last Modified: | 12 Jul 2021 09:33 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1330 |
Actions (login required)
View Item |