ZILIWU, ITA REJEKI, 1405030304 (2021) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI GAYA BAHASA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD SWASTA MASEHI MEDAN T.A 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SKRIPSI__ITA REJEKI ZILIWU__1405030304 - COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
SKRIPSI__ITA REJEKI ZILIWU__1405030304 - ABSTRAK ABSTRACT.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
SKRIPSI__ITA REJEKI ZILIWU__1405030304 - BAB 1.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
SKRIPSI__ITA REJEKI ZILIWU__1405030304 - BAB 2.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
SKRIPSI__ITA REJEKI ZILIWU__1405030304 - BAB 3--5.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
SKRIPSI__ITA REJEKI ZILIWU__1405030304 - DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
SKRIPSI__ITA REJEKI ZILIWU__1405030304 - LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan, kesulitan, dan faktor penyebab yang dialami dalam menyelesaikan soal-soal memahami gaya bahasa. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Swasta Masehi Medan yang berjumlah 22 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan ada penelitian ini adalah tes dan wawancara. Teknik analisis data melalui metode alur yang terdiri dari pengumpulan data tahap penyajian data dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar 86,35% siswa kesulitan dalam mengerjakan soal memahami gaya bahasa dan 13,64% siswa tidak mengalami kesulitan-kesulitan yang signifikan dalam melakukan soal memahami gaya bahasa. Dari hasil data tes diperoleh siswa mengalami kesulitan-kesulitan dalam pemahaman. Adapun faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan-kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal Bahasa Indonesia terdiri dari dua faktor internal dan eksternal. Dimana faktor internal anggapan yang salah terhadap Bahasa Indonesia, kurangnya pemahaman siswa, minimnya pengetahuan dasar siswa, ketidaktelitian siswa dalam menjawab pertanyaan. Sedangkan faktor eksternal yaitu, guru tidak menjelaskan materi melalui video Pembelajaran yang kurang dipahami oleh siswa. Dalam membentuk pola pembelajaran Bahasa Indonesia, guru hendaknya tidak hanya melihat kesulitan siswa dalam mengerjakan soal, tetapi juga mengetahui faktor-faktor penyebab siswa mengalami kesulitan-kesulitan menyelesaikan soal tentang memahami gaya bahasa.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning diffculties, language style | ||||||||||||
Subjects: | 400 Language > 410 Linguistics 300 Sosial Science > 370 Education 400 Language > 490 Another Language 400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | ITA REJEKI ZILIWU | ||||||||||||
Date Deposited: | 02 Aug 2021 09:38 | ||||||||||||
Last Modified: | 02 Aug 2021 09:38 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1383 |
Actions (login required)
View Item |