KETAREN, NADIA CASANDRA, 1705030008 (2021) ANALISIS KEMAMPUAN SISWA MENENTUKAN JENIS-JENIS PARAGRAF BERDASARKAN LETAK KALIMAT UTAMA PADA SUATU CERITA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DIKELAS IV SD SWASTA BAKTI PANCUR BATU TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (258kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (269kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (406kB) |
|
Text
BAB 3 - 5.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (747kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (241kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa pada materi menentukan jenis‒jenis paragraf. Kesulitan yang dihadapi siswa serta faktor penyebab kesulitan siswa dalam memahami jenis‒jenis paragraf pada cerita mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Swasta Bakti Pancur Batu T.A 2020/2021. Penelitian ini dilaksanakan di SD Swasta Bakti Pancur Batu Tahun Pelajaran 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Swasta Bakti Pancur Batu, berjumlah 22 orang siswa yaitu 12 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan, jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Dalam paenelitian ini pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Setelah melakukan analisis data terhadap hasil penelitian maka diperoleh kemampuan dalam memahami materi jenis‒jenis paragraf pada cerita berdasarkan perhitungan nilai rata-rata siswa kelas SD Swasta Bakti Pancur Batu, diperoleh nilai rata-rata 66,50 dan berkategori kurang mampu dimana siswa yang mendapatkan nilai tertinggi yaitu 1 orang siswa dengan nilai 100 dan nilai terendah 3 orang siswa dengan nilai 50, sedangkan kesulitan yang dialami siswa dalam memahami jenis‒jenis paragraf pada cerita mata pelajaran Bahasa Indonesia pada tes soal nomor 1 yaitu menjelaskan pengertian paragraf. Adapun penyebab faktor kesulitan siswa kelas IV SD Swasta Bakti Pancur Batu dalam memahami materi jenis‒jenis paragraf pada cerita diperoleh berdasarkan wawancara kepada siswa.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Student, Type-Paragraph Type | ||||||||||||
Subjects: | 400 Language > 410 Linguistics 300 Sosial Science > 370 Education 400 Language > 490 Another Language 400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | NADIA CASANDRA BR.KETAREN | ||||||||||||
Date Deposited: | 02 Aug 2021 09:13 | ||||||||||||
Last Modified: | 02 Aug 2021 09:13 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1384 |
Actions (login required)
View Item |