PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BUSY BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CUACA KELAS III SD NEGERI 064023 KEMENANGAN TANI TAHUN AJARAN 2021/2022

KABAN, ENI SELVIANA BR, 1805030062 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BUSY BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CUACA KELAS III SD NEGERI 064023 KEMENANGAN TANI TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
1. Cover-Daftar Isi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (346kB)
[img] Text
3. Bab I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (600kB)
[img] Text
4. Bab II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (684kB)
[img] Text
5. Bab III-Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (971kB)
[img] Text
6. Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (340kB)
[img] Text
7. Lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari peneliti ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran busy book pada mata pembelajaran IPA khususnya pada materi cuaca kelas III SD Negeri 064023 Kemenangan Tani Tahun Ajaran 2021/2022. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri 064023 Kemenangan Tani yang berjumlah 40 siswa yang terbagi menjadi dua kelas. Dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anggota populasi atau sampel. dengan populasi 40 siswa dan sampel kelas III-A 20 dan siswa kelas III-B 20 Siswa.jenis penelitian yang digunakan dalam peneliti ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan media pembelajaran busy book dengan alat pengumpulan data yaitu test dalam berupa Essay. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada pelaksanaan Post Test, hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran busy book pada mata pembelajaran IPA materi cuaca di kelas IIIA memperoleh nilai rata-rata76,75, sedanglan yang menggunakan pembelajaran konvensional pada Kelas IIIB memperoleh nilai rata-rata 61,25. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan menggunakan media pembelajaran busy book terhadap hasil belajar siswa pada materi cuaca kelas III SD Negeri 064023 Kemenangan Tani Tahun Ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: EFFECT, BUSY BOOK MEDIA, STUDENT LEARNING OUTCOMES ,WEATHER MATERIAL
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 371.9 Special Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IHotma Tiolina Siregar, S.Pd., M.PdDosen@gmail.comNIDN. 0112078003
Pembimbing IISiti Zahara H Harahap, S.Pd., M.PdDosen@gmail.comNIDN. 0114078802
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eni Selviana br kaban
Date Deposited: 03 Aug 2022 09:22
Last Modified: 03 Aug 2022 09:22
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1571

Actions (login required)

View Item View Item