NOVITA, SRI, 1805030014 (2022) PENGARUH MEDIA BUKU CERITA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS III SD NEGERI PERCONTOHAN KABANJAHE TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SKRIPSI SRINOVITA_1805030014 - COVER DAF ISI.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (6MB) |
|
Text
SKRIPSI SRINOVITA_1805030014 - ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (6MB) |
|
Text
SKRIPSI SRINOVITA_1805030014 - BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (6MB) |
|
Text
SKRIPSI SRINOVITA_1805030014 - BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (6MB) |
|
Text
SKRIPSI SRINOVITA_1805030014 - BAB III - BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (6MB) |
|
Text
SKRIPSI SRINOVITA_1805030014 - DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (6MB) |
|
Text
SKRIPSI SRINOVITA_1805030014 - LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (6MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh media buku cerita terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III SD Negeri percontohan Kabanjahe tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini dilaksanakan pada 19 April sampai 21 April, desain penelitian ini menggunakan Quasieksperimental design jenis Nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Percontohan Kabanjahe, kelas IIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas IIIB sebagai sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yaitu menggunakan teks membaca dan tes tulis berupa essay untuk mengetahui kemampuan membaca pemahaman siswa. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan Uji-t kesamaan dua rata-rata untuk mengetahui apakah ada pengaruh media buku cerita terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa. Berdasarkan hasil post test diperoleh nilai rata-rata kemampuan membaca pemahaman siswa pada kelas eksperimen adalah 77,56 dan pada kelas kontrol adalah 64,06. Hasil perhitungan uji-t diperoleh nilai > yaitu (15,77 > 2,001). Hal tersebut artinya menunjukkan bahwa hipotesis yang diterima adalah hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi ada pengaruh media buku cerita terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III SD Negeri Percontohan Kabanjahe tahun ajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Storybook, Reading Ability, and Comprehension | ||||||||||||
Subjects: | 400 Language > 410 Linguistics > 411 Writing Systems 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | SRI NOVITA | ||||||||||||
Date Deposited: | 05 Aug 2022 02:03 | ||||||||||||
Last Modified: | 05 Aug 2022 02:03 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1582 |
Actions (login required)
View Item |