HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 064025 FLAMBOYAN RAYA KEC. MEDAN TUNTUNGAN TAHUN AJARAN 2021/2022

PUTRI, NOFA ELIA, 1805030117 (2022) HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 064025 FLAMBOYAN RAYA KEC. MEDAN TUNTUNGAN TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER NOVA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK NOVA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (98kB)
[img] Text
BAB I NOVA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (185kB)
[img] Text
BAB II NOVA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (218kB)
[img] Text
BAB III-V NOVA.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (504kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA NOVA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (102kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN NOVA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 064025 Flamboyan Raya Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian ex post facto atau deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian adalah total sampel yang berjumlah 29 siswa kelas IV SD Negeri 064025 Flamboyan Raya Tahun Ajaran 2021/2022. Teknik Pengumpulan data yaitu angket minat belajar dan dokumentasi hasil ujian semester ganjil IPA Tahun Ajaran 2021/2022. Sebelum dilakukan penelitian, terlebih dahulu dilakukan uji coba instrumen. Uji coba instrumen dianalisis dengan menggunakan validitas dan reliabilitas. Uji validitas menggunakan uji korelasi product moment dan reliabilitas menggunakan rumus alpha coronbach. Jumlah butir angket uji coba yaitu 25 butir pernyataan dan di uji coba di kelas IV SD Negeri 065015 Medan Tuntungan yang berjumlah 29 siswa. Hasil uji coba diperoleh 20 pernyataan yang valid dan reliabel. 20 butir pernyataan angket minat belajar yang valid dan reliabel kemudian dilakukan penelitian di kelas IV SD Negeri 064025 Flamboyan Raya Tahun Ajaran 2021/2022. Dari hasil penelitian diperoleh r2 0,99. Maka minat belajar IPA siswa dengan rata-rata 71,03 berkategori Baik. Dan hasil belajar IPA siswa dengan rata-rata 72,03 berkategori Baik. Sehingga ada hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 064025 Flamboyan Raya Kec. Medan Tuntungan Tahun Ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Interest in Learning, Learning Outcomes, Science
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRinci Simbolon, S.Pd., M.PdDosen@gmail.comNIDN. 0121118703
Pembimbing IIIrwansyah, S.Pd., M.PdDosen@gmail.comNIDN. 0115098701
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nofa Elia Putri
Date Deposited: 10 Aug 2022 07:22
Last Modified: 10 Aug 2022 07:22
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1601

Actions (login required)

View Item View Item