PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWER POINT INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN IPA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 107103 LANTASAN BARU KEC.PATUMBAK T.A 2022/2023

BARUS, CINDY VIVITA, 1905030037 (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWER POINT INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN IPA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 107103 LANTASAN BARU KEC.PATUMBAK T.A 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (916kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (315kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (438kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (500kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (319kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan materi zat tunggal dan zat campuran dengan menggunakan media power point interaktif pada siswa kelas V SDN 107103 Lantasan Baru, 2) Untuk mengetahui minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan materi zat tunggal dan zat campuran tanpa menggunakan media power point interaktif pada siswa kelas V SDN 107103 Lantasan Baru, 3) Untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan dengan menggunakan media power point interaktif terhadap minat belajar siswa mata pelajaran IPA materi zat tunggal dan zat campuran kelas V SDN 107103 Lantasan Baru, 4) Untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan dengan menggunakan media power point interaktif terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA materi zat Tunggal dan zat campuran kelas V SDN 107103 Lantasan Baru. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media power point interaktif dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V. Instrument penelitian yang digunakan yaitu angket dan tes uraian yang telah divalidasi oleh validator. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis penelitian yang dilaksanakan di kelas V SDN 107103 Lantasan Baru Kecamatan Patumbak Tahun Ajaran 2022/2023. Dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi zat tunggal dan zat campuran dengan menggunakan media power point interaktif pada siswa kelas V memperoleh nilai rata-rata minat 82,23 dikatagorikan sangat baik dan hasil 88,95 dikatagorikan mampu, 2) Minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi zat tunggal dan zat campuran tanpa menggunakan media power point interaktif pada siswa kelas V memperoleh nilai rata-rata minat 74,38 dikatagorikan baik dan hasil 78,90 dikatagorikan cukup mampu, 3) Ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan media power point interaktif terhadap minat belajar siswa mata pelajaran IPA materi zat tunggal dan zat campuran kelas V SDN 107103 Lantasan Baru, 4) Ada pengaruh yang signifikan dengan menggunkaan media power point interaktif terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA materi zat tunggal dan zat campuran kelas V SDN 107103 Lantasan Baru.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Interest to learn, Learning Outcomes, Interactive Power Point Media
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRita Herlina Br PA, S.Pd., M.Pdrperanginangin@gmail.comNIP. 0129078503
Pembimbing IIDrs Pandapotan Tambunan, M.Pddapot1002@gmail.comNIP. 0129078503
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: CINDY VIVITA BARUS
Date Deposited: 07 Jun 2023 03:57
Last Modified: 07 Jun 2023 03:57
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1672

Actions (login required)

View Item View Item