SITEPU, KEVIN ATETA, 1905030029 (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI IPA BERBASIS EKSPERIMEN DI KELAS V SD NEGERI 107103 LANTASAN BARU PATUMBAK T.P. 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (556kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (205kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (300kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (392kB) |
|
Text
BAB 3 SAMPAI 5.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (582kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (201kB) |
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan produk dalam Pengembangan Bahan Ajar Materi IPA Berbasis Eksperimen di Kelas V SD Negeri 107103 Lantasan Baru Patumbak T.P. 2022/2023, dan untuk mengetahui kepraktisan produk Pengembangan Bahan Ajar Materi IPA Berbasis Eksperimen di Kelas V SD Negeri 107103 Lantasan Baru Patumbak T.P. 2022/2023. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 107103 Lantasan Baru Patumbak semester II Tahun Pelajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 107103 Lantasan Baru Patumbak berjumlah 22 orang. Jenis penelitian ini adalah R&D pengembangan oleh Richey & Klein. Tenik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Setelah melakukan analisis data terhadap hasil penelitian maka diperoleh hasil validasi oleh dosen validator tentang produk bahan ajar berbasis eksperimen diperoleh nilai validasi oleh dua dosen IPA yaitu, dosen ahli materi dan dosen ahli media. Adapun untuk dosen ahli materi mendapatkan nilai yaitu 86,54 yang berkategori sangat valid, dan untuk ahli media mendapatkan nilai yaitu 96,15 yang berkategori sangat valid. Sedangkan analisis data terhadap hasil validasi kepraktisan yang dilakukan oleh guru kelas V, diperoleh nilai kepraktisan yaitu 92,31 yang berkatagori sangat praktis.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Development of Teaching Materials, Based on Science Material Experiment | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | KEVIN ATETA SITEPU | ||||||||||||
Date Deposited: | 27 Jun 2023 09:41 | ||||||||||||
Last Modified: | 27 Jun 2023 09:41 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1721 |
Actions (login required)
View Item |