PENGARUH PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS lV SD NEGERI 060938 KWALA BEKALA KEC. MEDAN JOHOR TAHUN AJARAN 2022/2023

TOGATOROP, DANIEL RAJA TUA, 1905030121 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS lV SD NEGERI 060938 KWALA BEKALA KEC. MEDAN JOHOR TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER (2).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (880kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (198kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (450kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (692kB)
[img] Text
BAB 3SAMPAI 5.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (206kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran kurang menarik, kurangnya minat siswa dalam belajar IPS materi kegiatan ekonomi berdasarkan potensi alam dan masih rendahnya hasil belajar siswa.Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 060938 Kwala Bekala Kec. Medan Johor T.A 2022/2023. Sebagai Populasi adalah siswa kelas IVA dan siswa kelas IVB dengan jumlah siswa kelas IVA 22 orang dan Kelas IVB ada 22 orang. Jenis penelitian yang di lakukan adalah penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes berbentuk essay. Dari analisis data dan hipotesis; (1) diperoleh nilai rata-rata siswa yang diajar dengan menggunakan Metode Mind Mapping pada materi kegiatan ekonomi berdasarkan potensi alam di kelas IV-A SD Negeri 060938 Kwala Bekala Kec. Medan Johor diperoleh nilai rata-rata adalah 86. (2) Hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional pada materi kegiatan ekonomi berdasarkan potensi alam di kelas IV-A SD Negeri 060938 Kwala Bekala Kec. Medan Johor diperoleh nilai rata-rata adalah 74. (3) there is a significant influence using the Mind Mapping method on the social studies learning outcomes of students on economic activity material in grade IV SD Negeri 060938 Kwala Bekala Medan Johor for the 2022/2023 academic year.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: The Effect of Teacher's Teaching Cretivy on Writing Ability
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
UNSPECIFIEDDrs. Yason Mendrofa, M.Pdyasonmendrofa@gmail.comNIDN.102075901
UNSPECIFIEDJainal Togatorop, S.Pd., M.Pdjainaltogatorop@gmail.comNIDN.124028702
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: DANIEL RAJA TUA TOGATOROP
Date Deposited: 30 Jun 2023 08:43
Last Modified: 30 Jun 2023 08:43
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/1837

Actions (login required)

View Item View Item