SITEPU, WAHYU PRANANTA, 1905030224 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA KELAS IV SD NEGERI 040521 SINAMAN KECAMATAN BARUS JAHE 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (746kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (149kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (248kB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (259kB) |
|
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (556kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (191kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar media pembelajaran Pop Up Book, konvensional dan pengaruh signifikan media pembelajaran Pop Up Book terhadap hasil belajar siswa pada pada materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Kelas IV SD Negeri 040521 Sinaman Kecamatan Barus Jahe T.P 2022/2023. Sampel yang dipilih 32 siswa. jenis penelitian ini ialah penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Control Group Pretest-Posttest Design yang menggunakan 2 kelas. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu media pembelajaran Pop Up Book dan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa. teknik pengumpulan data melalui Pre-Test dan Post-Test. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes Essay. Teknik analisa data dilakukan secara kuantitatif. Dengan menggunakan program SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan media pembelajaran Pop Up Book terhadap hasil belajar siswa pada materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Kelas IV SD Negeri 040521 sinaman yaitu 0,03 Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil perhitungan rata-rata Pre-Test dan Post-Test, adapun rata-rata yang diperoleh siswa saat Pre-Test kelas IV-A ialah 26,18 dan kelas IV-B ialah 21,99. Hasil tersebut menyatakan bahwa belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Sedangkan pada kegiatan Post-Test Eksperimen kelas IV-A dengan menggunakan media pembelajaran Pop Up Book, rata-rata yang diperoleh yaitu 77,35 dan kelas IV-B konvensional, rata-rata yang diperoleh yaitu 59,71 Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Pop Up Book berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Kelas IV SD Negeri 040521 Sinaman.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Media, Pop Up Book, Learning Outcomes, Science | ||||||||||||
Subjects: | 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | WAHYU PRANANTA SITEPU | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 Jul 2023 09:25 | ||||||||||||
Last Modified: | 07 Jul 2023 09:25 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2116 |
Actions (login required)
View Item |