MANIK, TIARA FRATIKA, 2005030198 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI HOLOGRAM SEDERHANA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PKN BUTIR-BUTIR PANCASILA DI KELAS IV SD GKPS SARIBUDOLOK TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
cover 2_merged.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
abstrak.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
bab 1.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
bab 2.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
bab 3-5.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
daftar pustaka,.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
lampiran.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (4MB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran berbasis teknologi hologram sederhana dalam penggunaannya dan keefektifan media pembelajaran berbasis teknologi hologram sederhana dalam meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran PKn. Penelitian ini adalah penelitian jenis Pengembangan produk atau research dan development. Penelitian ini menggunakan metode Richey and Klein yang disebut dengan PPE (Perencanaan, Produksi, dan Evaluasi). Teknik pengumpulan data atau intrumen penelitian yang digunakan angket (kuisioner). Kuisioner akan ditujukan kepada validator ahli media, validator ahli materi, guru, dan siswa. Hasil penelitian berdasarkan angket ahli materi bernilai 93,33% dan ahli media bernilai 98,07% maka rata-rata nilai kevalidan adalah 95,53% dengan kategori sangat valid, dan berdasarkan angket respon guru nilai keefektifan yang dimiliki produk bernilai 95,625% dengan kategori sangat efektif, serta angket respon siswa yang menunjukkan nilai 90,57% dengan kategori sangat efektif dan angket minat belajar siswa menunjukkan nilai keefektifan produk media pembelajaran berbasis teknologi hologram sederhana sebesar 92,28% dengan kategori sangat efektif. Rata-rata dari seluruh analisis data yang didapatkan adalah 93,975% yang memiliki kategori sangat valid dan sangat efektif. Kesimpulan yang didapatkan dari analisis data instrument penilaian, produk yang dihasilkan yaitu media Pembelajaran berbasis teknologi hologram sederhana sangat valid dan sangat efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | development, learning media, student learning interest, hologram | ||||||||||||
Subjects: | 100 Philosophy. Psychology. Religion 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | TIARA FRATIKA MANIK | ||||||||||||
Date Deposited: | 06 Apr 2024 02:50 | ||||||||||||
Last Modified: | 06 Apr 2024 02:50 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2221 |
Actions (login required)
View Item |