PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V UPT SPF SD NEGERI 101800 DELI TUA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

SIPAYUNG, ERFINA BR, 2005030323 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V UPT SPF SD NEGERI 101800 DELI TUA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL TANPA TEMA WATERMARK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (390kB)
[img] Text
ABSTRAK WATERMARK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (249kB)
[img] Text
BAB 1 tanpa tema Watermark.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (580kB)
[img] Text
Bab II tanpa tema watermark.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (535kB)
[img] Text
bab III-V watermark.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA WATERMARK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (250kB)
[img] Text
LAMPIRAN FULL WATERMARK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar IPA yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Inquiry dan menggunakan pembelajaran konvensional dan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Inquiry siswa kelas V UPT SPF SDN 101800 Deli Tua. Populasi dalam penelitian ini adalah selurh siswa kelas V yang berjumlah 46 orang yang terbagi dalam 2 kelas dan sekaligus sebagai sampel dalam penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain pre test dan post test. Alat pengumpulan data menggunakan tes yang berbentuk essay dan berjumlah 4 buah butir soal pada ranah kognitif C2 dan C4. Teknik analisis data menggunakan uji t dan uji Chi Square. Hasil analisis data dan pengujian hipotesis diperoleh (1) hasil belajar IPA siswa yang diajar dengan model pembelajaran Inquiry diperoleh rata-rata 89,62, (2) hasil belajar IPA siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata 70,62, dan (3) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Inquiry terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V UPT SPF SDN 101800 Deli Tua Tahun Pelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Science Learning Outcomes, Inquiry Learning Model, Conventional Learning.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Heryanto, M.Pdazisheryanto64@gmail.comNIDN. 0010126402
Pembimbing IIJuliana br Simbolon, S.P.,M.Sijuliana.uq@gmail.comNIDN. 0118077802
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erfina br Sipayung
Date Deposited: 15 Apr 2024 07:59
Last Modified: 15 Apr 2024 07:59
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2222

Actions (login required)

View Item View Item