PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN PINTAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 060938 KECAMATAN MEDAN JOHOR T.P 2023/2024

SARAGIH, LINDAWATI, 2005030144 (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN PINTAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 060938 KECAMATAN MEDAN JOHOR T.P 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER LINDAWATI SARAGIH (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (802kB)
[img] Text
ABSTRAK LINDAWATI SARAGIH SIMARMATA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (253kB)
[img] Text
BAB I LINDAWATI SARAGIH.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (279kB)
[img] Text
BAB II LINDAWATI SARAGIH.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (443kB)
[img] Text
BAB III-V LINDAWATI SARAGIH.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (640kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA LINDAWATI SARAGIH.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (349kB)
[img] Text
LAMPIRAN LINDAWATI SARAGIH.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini dilakukan (1); untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa yang diajarkan tanpa menggunakan media papan pintar Mata Pelajaran IPA Materi Perubahan Wujud Benda Terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 060938 Kecamatan Medan Johor T.P 2023/2024 (2) ; untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media Pembelajaran Papan pintar Mata Pelajaran IPA Materi Perubahan Wujud Benda Terhadap Hasil Belajar siswa kelas V SD Negeri 060938 Kecamatan Medan Johor T.P 2023/2024 (3) ; Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan Media Pembelajaran Papan Pintar Mata Pelajaran IPA Materi Perubahan Wujud Benda Kelas V SD Negeri 060938 Kecamatan Medan Johor T.P 2023/2024. Masalah yang dialami sekolah tersebut yaitu hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA masih tergolong rendah.Sampel siswa kelas V sebanyak 2 kelas berjumlah 20 orang kelas eksperimen dan 19 orang kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasy Eksperimen dengan instrumen penelitian adalah tes essay sebanyak 5 soal. Berdasarkan hasil perhitungan rata-rata tes akhir siswa diperoleh 88,85 di kelas eksperimen dan rata-rata di kelas kontrol 88,36. Tabel frekuensi nilai tes akhir pada kelas eksperimen dan kontrol di distribusikan dalam tabel frekuensi absolute dan frekuensi relatif kemudian di gambarkan ke dalam bentuk histogram untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan media pembelajaran papan pintar di kelas eksperimen dan konvensional kelas kontrol.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Smart Board media, Science
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr.Srie Lisnasari, M.Silisnasari2502@gmail.comNIP. 0025026706
Pembimbing IIHotma Tiolina Siregar, S.Pd, M.Pdtiolinahotma@gamil.comNIP. 0112078003
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: LINDAWATI SARAGIH
Date Deposited: 21 May 2024 03:24
Last Modified: 21 May 2024 03:24
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2293

Actions (login required)

View Item View Item