PENGEMBANGAN MEDIA MAGNETIC BOARD BERBASIS MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI MENGENAL BANGUN RUANG KELAS 1 SD NEGERI N0.101830 TANJUNG SELAMAT T.P 2023/2024

NADEAK, DEVI DELVIA, 2005030096 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA MAGNETIC BOARD BERBASIS MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI MENGENAL BANGUN RUANG KELAS 1 SD NEGERI N0.101830 TANJUNG SELAMAT T.P 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (232kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (239kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (179kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (558kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (845kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan media magnetic board berbasis mind mapping pada mata pelajaran matematika materi mengenal bangun ruang di kelas 1C SD Negeri No.101830 Tanjung Selamat. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan Richey and Klein yang terdiri dari tiga tahap yaitu Planning (Perencanaan), Production (Produksi), Evaluation (Evaluasi). Validator dalam penelitian ini adalah ahli media, ahli materi, guru kelas 1C dan siswa kelas 1C. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi dari validator materi diperoleh nilai 92,5% dinyatakan sangat valid dan validator media diperoleh nilai 87,5% dinyatakan sangat valid. Hasil angket yang diberikan kepada guru diperoleh nilai sebesar 80% dengan kategori praktis sedangkan dari angket respon siswa diperoleh nilai sebesar 89,8% dengan kategori sangat praktis, hasil angket respon guru dan siswa media mind mapping lebih praktis dibandingkan tanpa media magnetic board berbasis mind mapping. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa media magnetic board berbasis mind mapping pada mata pelajaran matematika di kelas 1 SD Negeri No.101830 Tanjung Selamat sangat valid digunakan pada saat proses pembelajaran.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Getting To Know The Shapes, Magnetic Board Based On Mind Mapping, Development
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing ISITI ZAHARA H. HARAHAP, S.Pd., M.Pdzahraharahap.zh@gmail.comNIDN. 0114078802
Pembimbing IIHOTMA TIOLINA SIREGAR, S.Pd., M.Pdtiolinahotma@gmail.comNIDN. 0112078003
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: DEVI DELVIA NADEAK
Date Deposited: 27 May 2024 08:32
Last Modified: 27 May 2024 08:32
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2357

Actions (login required)

View Item View Item