PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ALAT PERAGA TATA SURYA DI KELAS VI SD NEGERI 067776 MEDAN JOHOR

PURBA, JESICA NOVELINA BR, 2005030184 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ALAT PERAGA TATA SURYA DI KELAS VI SD NEGERI 067776 MEDAN JOHOR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
sampul..1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (605kB)
[img] Text
abstrak ....pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (323kB)
[img] Text
BAB 1..pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (178kB)
[img] Text
BAB II..pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (462kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (651kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (322kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan pengembangan media pembelajaran alat peraga tata surya dikelas VI SD Negeri 067776 Medan Johor. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian research and development dengan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Adapun lokasi penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 067776 Medan Johor tepatnya berada di gg. Sekolah, kwala bekala kecamatan Medan Johor, Medan Sumatera Utara. Waktu penelitian dilaksanakan pada tanggal 13 Februari 2024 selama 2 hari. Subjek penelitian ini adalah sekolah 067776 Medan Johor kelas VI yang berjumlah 20 orang. Hasil penelitian menunjukkan kevalidan dilihat dari hasil skor yang diberikan oleh kedua validator yaitu validator ahli materi memperoleh skor 87,5% dan validator ahli media memperoleh skor 97,5% dan skor yang diperoleh dari kedua validator termasuk kedalam kategori sangat valid, serta kepraktisan dapat dilihat melalui hasil angket respon guru dengan nilai 100 sehingga dapat disimpulkan bahwa alat peraga yang dikembangkan termasuk dalam kategori praktis. Kesimpulan penelitian ini adalah alat peraga yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis dalam penggunaannya untuk proses pembelajaran. Untuk itu disarankan bagi guru yang menggunakan alat peraga yang dikembangkan ini dapat digunakan sebagai referensi dalam pembelajaran. Maka diharapkan diharapkan dapat memanfaatkannya sebagai alat peraga di sekolah khususnya pada materi tata surya. Kata Kunci : Alat peraga, Pengembangan, Tata Surya.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Development, Props, Solar System.
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Frikson Jony Purba, S.si.,M.PdUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Pembimbing IIDr. Dedi Holden Simbolon, S.si.,M.PdUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: JESICA NOVELINA BR PURBA
Date Deposited: 27 May 2024 04:38
Last Modified: 27 May 2024 04:38
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2432

Actions (login required)

View Item View Item