PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA PADA MATERI RANTAI MAKANAN EKOSISTEM SAWAH DI KELAS V SD NEGERI 067776 MEDAN JOHOR TAHUN AJARAN 2023/2024

NABABAN, JUIRIHAN DONI, 2005030065 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA PADA MATERI RANTAI MAKANAN EKOSISTEM SAWAH DI KELAS V SD NEGERI 067776 MEDAN JOHOR TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
sampul..pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (625kB)
[img] Text
abstrak ......pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (334kB)
[img] Text
BAB I...pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (269kB)
[img] Text
BAB II...pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (464kB)
[img] Text
BAB III-V......pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (648kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA ,...pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (308kB)
[img] Text
Lampiran...pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan pengembangan media pembelajaran diorama rantai makanan ekosistem sawah dikelas V SD Negeri 067776 Medan Johor. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian research and development dengan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Adapun lokasi penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 067776 Medan Johor tepatnya berada di gg. Sekolah, kwala bekala kecamatan Medan Johor, Medan Sumatera Utara. Waktu penelitian dilaksanakan pada tanggal 13 Februari 2024 selama 2 hari. Subjek penelitian ini adalah sekolah 067776 Medan Johor kelas V yang berjumlah 18 orang. Hasil penelitian menunjukkan kevalidan dilihat dari hasil keseluruhan validator berupa lembar validasi dengan persentase nilai dari validator ahli materi 87,5 %, persentase nilai dari validator ahli media 95% dan termasuk kedalam kategori sangat valid, serta kepraktisan dapat dilihat melalui hasil angket respon guru dengan nilai 92,5% sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran diorama yang dikembangkan termasuk dalam kategori praktis. Kesimpulan penelitian ini adalah media pembelajaran diorama yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis dalam penggunaannya untuk proses pembelajaran.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Development, Diorama Media, Food Chain.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Frikson Jony Purba, S.Si.,M.Pdpurbafrikson@gmail.comNIDN. 0104048701
Pembimbing IIDr. Joen Parningotan Purba, S.Pd.,M.Pdjoenpurba@gmail.comNIDN. 0107118802
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: JUIRIHAN DONI NABABAN
Date Deposited: 27 May 2024 03:55
Last Modified: 27 May 2024 03:55
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2434

Actions (login required)

View Item View Item