MANIK, SAFIRA NURUL HUDA, 2005030195 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA PADA MATERI PANAS DAN PERPINDAHANNYA DIKELAS V SD NEGERI 064025 MEDAN TUNTUNGAN T.P 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
sampul sfr_merged.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (563kB) |
|
Text
abstrak safita.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (328kB) |
|
Text
bab 1 safira-1.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (278kB) |
|
Text
bab 2 safira.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (418kB) |
|
Text
bab 3 - 5 .pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (873kB) |
|
Text
daftar pustaka (1).pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (263kB) |
|
Text
lampitan.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan media PowerPoint dan pembelajaran Konvensional pada materi Panas dan Perpindahannya di kelas V SDN 064025 Medan Tuntunggan. Adapun masalah dari sekolah tersebut adalah Model pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran IPA masih kurang bervariasi. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dan instrument penelitian ini adalah tes. Hasil nilai rata-rata tes akhir yang diperoleh kelas VA 23 yakni kels kontrol dengan menggunakan media PowerPoint dan kelas VB 21 yakni kelas Eksperimen. Tabel frekuensi nilai test akhir kelas kontrol dan kelas Eksperimen dapat di distribusikan dalam tabel frekuensi absolute dan frekuensi relative kemudian digambarkan kedalam bentuk diagram untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan media PowerPoint dikelas eksperimen dan pembelajaran Konvensional kelas kontrol. dapat diketahui bahwa thitung sebesar 2,132dan ttabel sebesar 2,018 pada taraf signifikan α = 0,05. Maka kriteria thitung > ttabel yaitu 1,67886 > 2,106. Hal ini membuktikan bahwa hasil belajar tematik siswa yang diajarkan dengan menggunakan media PowerPoint lebih tinggi di bandingkan dengan hasil belajar tematik siswa dengan menggunakan konvensional. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan media PowerPoint terhadap hasil belajar IPA materi Panas dan Perpindahannya di kelas V SDN 064025 Medan Tuntunggan Tahun Ajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Outcomes, Learning Media, Power PoinT | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | SAFIRA NURUL HUDA | ||||||||||||
Date Deposited: | 30 May 2024 04:18 | ||||||||||||
Last Modified: | 30 May 2024 04:18 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2652 |
Actions (login required)
View Item |