PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI DIAGRAM GARIS SISWA KELAS IV SD SWASTA ABDI SUKMA MEDAN T.P 2023/2024

PARINDURI, NISA PUTRI, 2005030236 (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI DIAGRAM GARIS SISWA KELAS IV SD SWASTA ABDI SUKMA MEDAN T.P 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
1 SAMPUL FINISH.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
2 ABSTRAK FINISH.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (257kB)
[img] Text
3 BAB I. FINISH.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (109kB)
[img] Text
4 BAB II. FINISH.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (206kB)
[img] Text
5 BAB III,IV, DAN V FINISH.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (629kB)
[img] Text
6 DAFTAR PUSTAKA FINISH.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (148kB)
[img] Text
7 LAMPIRAN FINISH.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (945kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model Numbered Head Together pada siswa kelas IV dan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan menggunakan model Numbered Head Together siswa kelas IV, metode yang digunakan dalam penelitian ialah kuantitatif. Jenis penelitian ialah quasi eksperimen, desain penelitian yang digunakan desain one group pretest posttest design. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD Swasta Abdi Sukma Medan yang berjumlah 22 siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes x = 52 dan nilai rata-rata postes x = 81. Untuk mendiskripsikan hipotesis penelitian digunakan analisis statistic uji independen antar dua faktor dan diperoleh x^2hitung = 23,88 dan x^2tabel = 68,058 pada data kebebasan 0,05. Karena, x^2≥ x^2 (1- ∝){(B-1)(K-1)} atau x^2 hitung = 23,88 ≤ x^2 tabel = 68,058 dapat disimpulkan ada pengaruh menggunakan model Numbered Head Together pada materi diagram garis di kelas IV SD Swasta Abdi Sukma Medan.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Cooperative Learning Model NHT
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRESTIO SIDEBANG, S.Pd, M.Pdrestiosidebang@gmail.comNIDN. 0129038101
Pembimbing IIRENATO GEMA NUGRAHA HUTABARAT, SS, M.Pdrenatohutabarat84@gmail.comNIDN. 0106058403
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: NISA PUTRI PARINDURI
Date Deposited: 28 May 2024 01:24
Last Modified: 28 May 2024 01:24
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2711

Actions (login required)

View Item View Item