PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TENTANG EKOSISTEM PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 066656 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024

SINAGA, DAME, 2005030032 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TENTANG EKOSISTEM PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 066656 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER DAME.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (557kB)
[img] Text
ABSTRAK DAME.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (126kB)
[img] Text
BAB I DAME.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (163kB)
[img] Text
BAB II DAME.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (333kB)
[img] Text
BAB 3-5 DAME.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (439kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAME.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (88kB)
[img] Text
LAMPIRAN DAME.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan (1): untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa menggunakan media diorama pada materi ekosistem di kelas V SD Negeri 066656 Sembada Tahun Ajaran 2023/2024. (2): untuk mengetahui apakah ada penggaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan media diorama pada materi ekosistem di kelas V SD Negeri 066656 Sembada Tahun Ajaran 2023/2024. Masalah yang dialami sekolah tersebut yaitu hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA masih tergolong rendah. Sampel siswa kelas V sebanyak 40 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah Pre-Eksperimen Design dengan instrumen penelitian ini adalah pilihan berganda sebanyak 10 soal. Berdasarkan hasil nilai rata-rata pre test yang diperoleh 59,5 sedangkan nilai postest adalah 79,75. Ada pengaruh signifikan dengan pengujian hipotesis menggunakan rumus uji t dapat diketahui bahwa t hitung sebesar 1 dan t tabel sebesar 0,680 pada taraf signifikan α=0,05 maka kriteria thitung > t tabel yaitu 1 > 0,680. Hal ini membuktikan bahwa penerapan media diorama dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap Hasil belajar IPA dengan menggunakan media diorama pada materi ekosistem di kelas V SD Negeri 066656 Sembada T.A 2023/2024.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning outcomes, Media Diorama
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 550 Earth Sciences
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IHotma Tiolina siregar, M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0112078003
Pembimbing IIVera Dewi Kartini, M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0121048704
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: DAME SINAGA
Date Deposited: 28 May 2024 04:32
Last Modified: 28 May 2024 04:32
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2727

Actions (login required)

View Item View Item