PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA DAN GERAK KELAS IV SD NEGERI 064025 FLAMBOYAN RAYA MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024

SARAGIH, YESIKA ADVENTINA, 2005030103 (2024) PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI GAYA DAN GERAK KELAS IV SD NEGERI 064025 FLAMBOYAN RAYA MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL[1].pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK[1].pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB_I[1].pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (332kB)
[img] Text
BAB_III-V[1].pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA[1].pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN[1].pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh metode demonstrasi terhadap Hasil belajar IPA materi gaya dan Gerak kelas IV SD negeri 064025 Flamboyan raya medan Tahun ajaran 2023/2024, Jenis penelitian yang digunkan dalam penelitian ini adalah Penelitian Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Control Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini mengambil sampel yang berjumlah 57 siswa. Instrumen penelitian ini berupa tes yang berbentuk pilihan berganda. Teknik analisis data menggunkan bantuan Ms.Exel 2010. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan maka dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPA Materi gerak di kelas IV SD Negeri 060425 Flamboyan Raya Medan Tahun Aajaran 2023/2024. Hal ini berdasar pada data-data yang diperoleh setelah dilaksanakannya pebelitian, Hasil analisis data menunjukan pre-test kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata yaitu 47,76 dan nilai post-test kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata yaitu 90 Sedangkan nilai rata-rata Pre-test kelas kontrol yaitu 47,86 dan nilai rata-rata Post-test kelas kontrol yaitu 76. Hal ini menandakan bahwa kelas yang diberikan perlakukan mengalami hasil belajar yang meningkat.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Science Learning ,Outcomes, Force and movement, Demonstration Method
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
300 Sosial Science > 370 Education > 372.21 Pre School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
UNSPECIFIEDHotma Tiolina Siregar, S.Pd, M.Pdtiolinahotma@gmail.comNIDN. 0112078003
UNSPECIFIEDDrs. Hartono Sembiring, M.Pdono366@gmail.comNIDN. 8918130021
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Yesika adventina Saragih
Date Deposited: 29 May 2024 08:59
Last Modified: 29 May 2024 08:59
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2766

Actions (login required)

View Item View Item