PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP RETENSI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 101814 PERIA-RIA T.A 2023/2024

EMANINTA, DILLA, 2005030015 (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP RETENSI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 101814 PERIA-RIA T.A 2023/2024. Masters thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
1 COVER DILLA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (668kB)
[img] Text
2 ABSTRAK DILLA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (202kB)
[img] Text
3 BAB 1 DILLA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (231kB)
[img] Text
4 BAB 2 DILLA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (591kB)
[img] Text
5 BAB 3-5 DILLA.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (347kB)
[img] Text
6 DAFTAR PUSTAKA DILLA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (396kB)
[img] Text
7 LAMPIRAN DILLA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Mind Mapping terhadap retensi belajar siswa kelas IV SD Negeri 101814 peria-ria Tahun Ajaran 2023/2024. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 101814 peria-ria pada tanggal 24-25 Januari 2024 sebagai subyeknya 22 orang kelas IV-A dan jumlah kelas IV –B 22 orang. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuntitatif yang mengacu pada jenis pendekatan penelitian ini quasi eksperimen dengan intrumen penelitian adalah tes essay sebanyak 5 soal. Sebelum melakukan pembelajaran nilai tes awal kelas IV-A = 33,5 dan nilai rata-rata kelas iv-b = 35,45 . setelah dilaksanakan pembelajaran pada kelas V-A menggunakan metode Mind Mapping dan setelah dilakukan tes akhir siswa memperoleh rata-rata 81,06. Sedangkan hasil belajar siswa pada kelas IV-B dengan menggunakan metode konvensional memperoleh 71,81. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran Mind Mapping berpengaruh terhadap retensi belajar siswa kelas IV SD Negeri 101814 peria ria Tahun Ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis/Skripsi (Masters)
Uncontrolled Keywords: Mind Mapping Method, Retention of science Learning
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IIrwansyah, M.Pddosen@gmail.comNIDN. 115098701
Pembimbing IIRenato Gema Nugraha, M.Pddosen@gmail.comNIDN. 106058403
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: DILLA EMANINTA
Date Deposited: 29 May 2024 03:42
Last Modified: 29 May 2024 03:42
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2778

Actions (login required)

View Item View Item