PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN 060937 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024

GAJAH MANIK, NIA JELLINA, 2005030248 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN 060937 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (724kB)
[img] Text
ABSTRACK NIA JELLINA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (212kB)
[img] Text
BAB I NIA JELLINA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (256kB)
[img] Text
BAB II NIA JELLINA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (891kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (917kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (243kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini Penelitian ini berfokus pada dampak penggunaan media Flashcard terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 060937 Medan tahun pelajaran 2023/2024. Pendidikan merupakan investasi jangka panjang yang sangat penting bagi kemajuan intelektual suatu bangsa. Guru memegang peranan penting dalam memilih media pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan kualitas belajar siswa. Media pembelajaran membantu siswa dalam memahami konsep pembelajaran, sehingga meningkatkan keterlibatan dan kinerja akademik mereka dalam matematika. Penelitian ini mendalami pemanfaatan media Flash card dalam pendidikan matematika di SD Negeri 060937 Medan. Analisis data pre-test dan post-test dilakukan disertai dengan uji hipotesis untuk mengetahui pengaruh media Flashcard terhadap hasil belajar siswa. Temuan penelitian menunjukkan adanya korelasi positif antara penggunaan media Flashcard dengan hasil belajar matematika siswa. Berbagai referensi tentang media pembelajaran, teori pembelajaran, dan metodologi penelitian dikonsultasikan untuk penelitian ini. Matematika mencakup studi tentang angka, rumus, dan struktur terkait. Pendidikan matematika di SD Negeri 060937 Medan dilaporkan masih dibawah standar, khususnya pada bidang pecahan. Terbatasnya penggunaan media pembelajaran yang sesuai oleh guru menyebabkan siswa kesulitan dalam memahami konsep dasar pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Flashcard terhadap hasil belajar matematika siswa pada topik pecahan pada siswa kelas III SD Negeri 060937 Medan. Penelitian bertujuan untuk menilai hasil belajar siswa dengan dan tanpa penggunaan media Flashcard serta mengetahui apakah media Flashcard berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Signifikansi penelitian ini terletak pada memberikan wawasan berharga bagi guru, sekolah, dan siswa untuk meningkatkan hasil pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Flash card media, mathematics learning outcomes
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing ISiti Zahara H. Harahap, S.Pd., M.Pdzahraharahap.zh@gmail.comNIDN. 0114078802
Pembimbing IIDr. Dedi Holden Simbolon, S.Si., M.Pddediholdensimbolon@gmail.comNIDN. 0103118701
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: NIA JELLINA GAJAH MANIK
Date Deposited: 29 May 2024 09:27
Last Modified: 29 May 2024 09:27
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2792

Actions (login required)

View Item View Item