PENGARUH METODE SCRAMBLE PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI 065013 MEDAN T.A 2023/2024

TARIGAN, CINDY ANJLE KRESIA BR, 2005030133 (2024) PENGARUH METODE SCRAMBLE PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI 065013 MEDAN T.A 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (813kB)
[img] Text
ABSTRAK SKRIPSI .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (85kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (192kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (230kB)
[img] Text
BAB III - V SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (318kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (138kB)
[img] Text
LAMPIRAN SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran scramble materi Lingkungan diajar pada mata pelajaran IPS. Dilaksanakan di kelas III SD Negeri 065013 Medan. Adapun masalah dalam penelitian ini ialah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Lingkungan. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain penelitian Pre Test dan Post Test yang menggunakan dua kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas III a (eksperimen) sebanyak 23 siswa, yang menggunakan metode pembelajaran scramble dan kelas III b (Kontrol) yang berjumlah 19 siswa menggunakan metode pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes essay sebanyak 5 soal. Berdasarkan perhitungan nilai rata-rata diperoleh nilai akhir siswa pada kelas eksperiman dengan menggunakan metode pembelajaran scramble iyalah 85,21 dan nilai rata-rata akhir siswa pada kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional iyalah 74,73 kriteria sedang. Hasil hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji t, hasil pengujian hipotesis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Lingkungan lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas III SD Negeri 065013 Medan T.A. 2023/2024.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Scramble method, Learning Outcomes, Social Science
Subjects: 300 Sosial Science > 301 Sociology and Anthropology, Human, Society
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Ulfah Sari Rezeki, M.Pdulfahsari6@gmail.comNIDN. 106129001
Pembimbing IITina Sheba Cornelia Sitompul, M.Pddomtinasitompul@gmail.comNIDN. 0120058705
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: CINDY ANJLE KRESIA TARIGAN
Date Deposited: 30 May 2024 07:41
Last Modified: 30 May 2024 07:41
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2830

Actions (login required)

View Item View Item