PENGARUH METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD NEGERI 040527 TIGAPANAH KEC.TIGAPANAH T.A 2023/2024

BOANG MANALU, DOMINIKUS PANGIHUTAN, 2005030293 (2024) PENGARUH METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD NEGERI 040527 TIGAPANAH KEC.TIGAPANAH T.A 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
sampul repository domi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (159kB)
[img] Text
abstrak repository domi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (23kB)
[img] Text
BAB I repository.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (152kB)
[img] Text
BAB II repository.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (444kB)
[img] Text
BAB III repository.docx
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (194kB)
[img] Text
dapus repostory domi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (21kB)
[img] Text
lampiran repository.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan Metode Outdoor Learning, hasil belajar siswa tanpa dengan menggunakan Media Poster, dan pengaruh penggunaan Metode Outdoor Learning terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDN 040527 Tigapanah Tahun Ajar 2023/2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan rancangan penelitian pretest dan postest. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 040527 Tigapanah Tahun Ajar 2023/2024. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh jumlah siswa kelas IV yang berjumlah 44 siswa. Sampel penelitian ini yaitu kelas IV-A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 22 siswa dan kelas IV-B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 22 siswa. Hasil analisis jumlah nilai hasil belajar diperoleh nilai yang signifikan, dengan nilai rata-rata postest kelas kontrol = 75,4 dan eksperimen = 80,2. Pengujian hipotesis menggunakan rumus uji independen dua faktor untuk kelas eksperimen dan kontrol yaitu nilai X2hitung = 15,2 dan nilai X2tabel = 7,81 karena X2hitung > X2tabel maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan Metode Outdoor Learning terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD Negeri 040527 Tigapanah Tahun Ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Outdoor Learning Method, Science Lessons
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
300 Sosial Science > 370 Education > 372.21 Pre School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing ISejahtera Sebayang, M.Pdsejahtra.212@gmail.comNIDN. 0017096602
Pembimbing IIBijak Ginting, S.Sn., M.Humbijakginting08@gmail.comNIND. 0108046804
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dominikus Pangihutan Boang Manalu
Date Deposited: 30 May 2024 09:04
Last Modified: 30 May 2024 09:04
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2833

Actions (login required)

View Item View Item