PENGARUH MEDIA VIDEO ANIMASI BERBANTUAN APLIKASI ANIMAKER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HAK DAN KEWAJIBAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR INPRES BUNG MAKASSAR TAHUN AJARAN 2023/2024

PERANGIN ANGIN, DELILA CHRISTIANI Br, 2005030205 (2024) PENGARUH MEDIA VIDEO ANIMASI BERBANTUAN APLIKASI ANIMAKER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HAK DAN KEWAJIBAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR INPRES BUNG MAKASSAR TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK-1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II-1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB III-V-1.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PKN materi hak dan kewajiban dengan menggunakan media video animasi berbantuan aplikasi animaker dan Pembelajaran Konvensional di kelas IV SD INPRES BUNG T.P 2023/2024. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SD INPRES BUNG T.P 2023/2024 sebagai subjeknya adalah siswa kelas IV- A dan IV- B dengan jumlah siswa di kelas IV- A ada 29 orang dan kelas IV- B ada 27 orang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan instrumen tes essay sebanyak 5 soal yang telah di validasi oleh validator. Rata–rata hasil tes awal kelas IV- A adalah 58,62 dan rata–rata hasil tes awal kelas IV- B adalah 55,74. Setelah dilaksanakan pembelajaran pada kelas IV- A dengan menggunakan media video animasi berbantuan animaker rata-rata hasil belajar siswa 78,62 dan pada kelas IV- B dengan menggunakan Pembelajaran Konvensional memperoleh rata– rata hasil belajar 75,74 Berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan uji independen dua faktor, siswa yang diajar dengan media video animasi berbantuan animaker dan siswa yang diajarkan dengan Pembelajaran Konvensional diperoleh hasil diperoleh Xhitung (X2) = 3,48 > Xtabel =2,04. Maka H0 ditolak dan H1diterima artinya ada pengaruh dari model pembelajaran video animasi berbantuan aplikasi animaker terhadap hasil belajar siswa pada materi hak dan kewajiban T.P 2022/2023.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Animation Video Media, Animaker application, Learning Outcomes.
Subjects: 300 Sosial Science
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRupina Magdalena br tarigan, S.Pd, M.Pdtiganrupina@gmail.comNIDN. 0111108901
Pembimbing IIDr. Srie Faisah Lisnasari,, M.Sifaizahsrie2502@gmail.comNIDN. 25026706
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: DELILA CHRISTIANI BR PERANGIN ANGIN
Date Deposited: 31 May 2024 03:27
Last Modified: 31 May 2024 03:27
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2861

Actions (login required)

View Item View Item