PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SD QUANTUM SCHOOL TAHUN PELAJARAN 2023/2024

BANCIN, HEPPY RISTINA BR, 2005030132 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SD QUANTUM SCHOOL TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL-1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK-1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB I-1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB II-1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB III-V-1.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
LAMPIRAN-1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan menggunakan Model Jigsaw dan pembelajaran Konvensional pada materi Sumber Energi di Sekitarnya di kelasIII SD Quantum School.Adapun masalah dari sekolah tersebut adalah kurangnya minat belajar siswa dalam belajar. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dan instrument penelitian ini adalah tes. Hasil nilai rata-rata tes akhir yang diperoleh kelas IIIA 78 yakni kels eksperimen dengan menggunakan Model Jigsaw dan kelas IIB 60 yakni kelas kontrol. Tabel frekuensi nilai test akhir kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat di distribusikan dalam tabel frekuensi absolute dan frekuensi relatif kemudian digambarkan kedalam bentuk histogram untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan Model Jigsaw dikelas eksperimen dan pembelajaran Konvensional kelas kontrol.Pengujian hipotesis menggunakan uji independen antara dua faktor dengan taraf signifikan a = 0,05.Dari hasil pengujian hipotesis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan Model Jigsaw terhadap hasil belajar IPA siswa materi Sumber Energi. Tahun Pelajaran 2023/2024

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Model Learning Cooperative, Jigsaw
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Dedi Holden Simbolon, S.Si. M.Pddediholdensimbolon@gmail.comNIDN. 1031118701
Pembimbing IIHasni Suciwati, S.Pd.M.Pdhasnisuciawati@gmail.comNIDN. 0104048903
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: HEPPY RISTINA BR BANCIN
Date Deposited: 31 May 2024 04:36
Last Modified: 31 May 2024 04:36
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2865

Actions (login required)

View Item View Item