PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD SWASTA CERDAS BANGSA MEDAN JOHOR T.A.2023/2024

GINTING, SELPINA YOLA LORENSIA BR., 2005030193 (2024) PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD SWASTA CERDAS BANGSA MEDAN JOHOR T.A.2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERISTAS QUALITY.

[img] Text
sampul yola.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (506kB)
[img] Text
bab I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (587kB)
[img] Text
bab II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (574kB)
[img] Text
bab 3-5.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (874kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (448kB)
[img] Text
lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan penggunaan model Contextual Teaching and Leraning (CTL) berbantuan media konkret pada mata pelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SD Swasta Cerdas Bangsa Medan Johor. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen dan pretest and posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah 45 siswa yang terdiri dari kelas IV-A 25 siswa dan IV-B 20 siswa. Test yang digunakan dalam penelitian ini yaitu test berbentuk uraian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas data, uji homogenitas varians, dan uji independen antara dua faktor. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan uji independen antara dua faktor untuk data kelas IV-A yang diajar dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media konkret mendapat rata-rata nilai 76 dan kelas IV-B yang diajar tanpa menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media konkret mendapat rata-rata 65. Berdasarkan perhitungan statistik untuk data kelas IV-A Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media konkret dan kelas IV-B Contextual Teaching and Learning (CTL) tanpa media konkret diperoleh x2 =9,391 > x2(0,05)(2) = 5,99 maka Ho ditolak H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan media konkret terhadap hasil belajar IPA Siswa Kelas IV SD Swasta Cerdas Bangsa Medan Johor Tahun Ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning (CTL) Learning Model, Concrete Media, IPA Learning Outcomes
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDRS. SEJAHTERA, M.PDsejahtera.212@gmail.comNIDN. 0017096602
Pembimbing IIDRS. HARTONO S, M.PDono366@gmail.comNIDN. 19065702
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SELPINA YOLA LORENSIA
Date Deposited: 03 Jun 2024 03:35
Last Modified: 03 Jun 2024 03:35
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2885

Actions (login required)

View Item View Item