SURBAKTI, DEA DELIANA BR, 2105030363 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CLIS (CHILDREN LEARNING IN SCIENCE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS III SD NEGERI 065013 MEDAN SELAYANG T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
![]() |
Text
COVER (2).pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK (2).pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (920kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (725kB) |
![]() |
Text
BAB II (3).pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (991kB) |
![]() |
Text
BAB III-V (2).pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (725kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN (2).pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran CLIS (Children Learning in Science) dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dan pengaruh penggunaan model pembelajaran CLIS (Children Learning in Science ) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas III SD Negeri 065013 Medan Selayang Tahun Pelajaran 2024/2025. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 42 siswa yakin seluruh siswa kelas III SD Negeri 065013 Medan Selayang Tahun Pelajaran 2024/2025. Jenis penelitian Quasi eksperimen. Kelas IIIA sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunkan model pembelajaran Children Learning In Science dan kelas IIIB sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengambilan data adalah tes hasil belajar siswa dengan bentuk essay test. Hasil nilai rata-rata pretest kelas IIIA 41,02 dan kelas IIIB 46,66. Setelah kedua kelas di berikan perlakuan yang berbeda, maka diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen dengan menggunkan model pembelajaran Children Learning in Science yaitu 82,07 dan nilai rata-rata kelas kontrol dengan menggunkan model pembelajara konvensional yaitu 80,00. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh atau 0,78 > -1,68 sehingga H₀ ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan model pembelajaran Children Learning In Science terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas III SD Negeri 065013 Medan Selayang.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Children Learning In Science , Science Learning Outcomes | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Unnamed user with username dea deliana | ||||||||||||
Date Deposited: | 26 Mar 2025 01:56 | ||||||||||||
Last Modified: | 26 Mar 2025 01:56 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3132 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |